POLAR
Produk : bantal leher

            Berawal dari banyaknya anak muda dijaman sekarang ini yang suka melakukan perjalanan jauh ataupun traveling. Apalagi jika bertepatan dengan hari libur, sudah pasti banyak sekali yang melakukan perjalanan jauh ataupun traveling. Dalam melakukan perjalanan jauh tersebut baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus, kereta, pesawat dan lain-lain, banyak sekali orang-orang yang terlihat lelah sekali bahkan ada yang sampai tertidur lelap saat perjalanan tersebut. Semua itu dikarenakan jauhnya jarak yang ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan, misalnya pergi keluar kota, keluar daerah, ataupun keluar negeri.
            Berdasarkan latar belakang tersebut maka bisnis yang akan saya jalani berupa bisnis dibidang produksi barang jadi yaitu berupa bantal leher. Dan saya memberi nama bisnis saya ini dengan nama “POLAR”. POLAR adalah bahasa Inggris dari hewan beruang kutub. Mengapa POLAR? Karena beruang kutub identik dengan bulu yang tebal, halus, nyaman dan sejuk, sehingga member kesan untuk produk saya ini seperti beruang kutub yang halus dan nyaman jika digunakan. Bisnis saya ini menyediakan bermacam-macam desain dan bentuk yang lucu dan unik dari bantal leher ini. Desain dan bentuk tersebut juga dapat dipesan sesuai keinginan konsumen. Contoh produk yang dihasilkan seperti polar kupluk, polar original (tanpa kupluk) dan polar boneka. Maksud polar  boneka misalnya bantal leher yang disembunyikan didalam boneka hello kitty, jadi ketika boneka tersebut dibuka retsletingnya maka akan berbentuk bantal leher. Produk ini terbuat dari bahan yang berkualitas yang tidak mudah kempis.
            Alasan saya memilih bisnis ini karena banyaknya anak muda atau bahkan orang dewasa yang suka melakukan perjalanan jauh. Dari situlah saya melihat peluang yang ada untuk mencoba bisnis ini. Dan karena produk ini merupakan produk yang simple dan bisa bertahan lama. Selain itu karena produk ini dapat memberikan kenyamanan ketika kita sedang melakukan perjalanan jauh.

            Lokasi yang saya pilih untuk bisnis ini adalah rumah sendiri sebagai kantor pemasarannya yang terletak di Jakarta timur. Rencana nya bisnis ini akan saya jalankan sekitar 5 tahun lagi, setelah mempunyai cukup modal dari hasil kerja dan tabungan saya. Dan untuk promosi produk ini saya memilih secara online melalui fb, instagram, twitter dan dapat juga melalui event-event atau bahkan terjun langsung kelapangan untuk memasarkan produk ini.
            Rencananya bisnis ini akan saya jalani bersama sahabat-sahabat saya. Dan berencana untuk mempunyai 7 karyawan di awal bisnis nanti. Produk saya ini lebih ditujukan kepada orang-orang yang suka melakukan perjalanan jauh. Modal yang saya butuhkan kurang lebih 50 jt untuk membeli peralatan dan bahan yang dibutuhkn misalnya kapas, kain motif, mesin jahit, desain dan lain-lain. Dan harga produk saya ini berkisar 60ribu-150ribu.
            Bisnis polar ini tanpa ada inovasi tidak akan mungkin bisa berkembang, maka dari itu saya akan berusaha untuk menghadirkan ide-ide kreatif yang ada pada diri saya untuk membuat tampilan produk saya lebih menarik dan unik serta kreatif desain sampai hal yang kecil harus terlihat inovatif supaya para konsumen tidak merasa bosen pada produk ini.

ANALISISI SWOT
KEKUATAN :
1. Bahan mudah didapat dan berkualitas
            2. Mudah dibawa
            3. Bentuknya simple
            4. Produk berkualitas
            5. Harga terjangkau
            6. Desain yang unik dan lucu
           
KELEMAHAN :
1. Pemasaran untuk saat ini belum terlalu meluas
2. Hanya orang-orang tertentu yang suka melakukan perjalanan jauh
3. Harga bahan yang relative tidak menentu
4. Promosi masih kurang        
5. Bahan baku yang musiman
PELUANG :
1. Banyaknya orang-orang yang melakukan travelling
2. Daya konsumsi yang meningkat
ANCAMAN :
1. Banyaknya pesaing di bidang yang sama
2. Harga bahan yang semakin mahal
3. Selera konsumen yang selalu berubah – ubah
            Dengan demikian, jika kita serius dalam melakukan bisnis hendaknya ketahui lebih dalam bisnis yang akan kita jalankan agar kita dapat mengetahui keadaan pasar saat ini dan peluang yang ada. Jika sudah memahami hal tersebut maka akan mendatangkan keuntungan yang diharapkan dan jangan mudah mengeluh harus selalu bekerja keras agar hasil yang didapat juga sesuai yang diharapkan.



Komentar