Ekonomi Koperasi


Wajah Koperasi Indonesia Saat Ini

Bagaimana keadaan koperasi saat ini ? mungkin anda sudah pada mengetahuinya bukan. Kondisi koperasi Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan, mengapa demikian? Itu dapat kita ketahui dari sumber yang ada. Pada waktu dahulu banyak sekali didirikannya koperasi di Indonesia tetapi bahkan saat ini banyak koperasi yang sudah tidak aktif lagi. Dari data yang diketahui yaitu dari 177.000 koperasi yang ada di Indonesia sekitar 48.000 koperasi sudah tidak aktif lagi. Dari data tersebut sudah sangat jelas bahwa keadaan koperasi Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Dari keadaan itu sudah pasti didalamnya terdapat penyebab kenapa banyak koperasi yang tidak aktif. Salah satu penyebabnya adalah pengelolaan yang tidak professional atau kurangnya pengetahuan anggota dalam mengelola koperasi tersebut. Tetapi sejauh ini pemerintah dan mentri yang bersangkutan masih menyelidiki kenapa banyak koperasi yang sudah tidak aktif lagi.

 Disini pemerintah dan mentri seharusnya mengambil sikap tegas supaya jelas koperasi mana saja yang dapat memajukan perekonomian Indonesia. Harus diselidiki dahulu apakah koperasi tersebut masih terdapat anggota/pengurusnya atau tidak, jika sudah tidak ada lebih baik koperasi tersebut dibubarkan saja. Jadi dengan demikian jelas mana saja koperasi yang masih aktif dan dapat memajukan perekonomian Indonesia.

Dalam kasus ini pemerintah sedang melakukan pendataan untuk rencana kedepannya. Memang begitu aneh dahulu banyak sekali koperasi didirikan tetapi sekarang ini banyak sekali yang sudah tidak aktif. Maka dari itu kita harus lebih memahami makna dari koperasi itu sendiri. Koperasi adalah suatu organisasi/badan usaha yang berasaskan kekeluargaan. Koperasi dibangun untuk memudahkan masyarakat dan untuk memajukan kesejahteraan umum. Disini koperasi juga sangat mendahulukan kepentingan bersama.

Perkembangan koperasi di Indonesia dukungannya kuat atas program yang dilaksanakan pemerintah dan memakan waktu yang lama. Lambat laun koperasi pun mendapat tantangan dengan munculnya koperasi yang di desa-desa yaitu KUD (koperasi Unit Desa). KUD ini mendapat sumbangan terbesar dari keberhasilan pertanian, pangan dan lain lain. Setelah itu posisi koperasi  berkembang memasuki tahun 2000 menurut saya juga masih memprihatinkan, mengapa demikian ? itu dikarenakan masih banyak terdapat mini market swasta yang tersebarluas di sekitar perumahan masyarakat. Hal seperti itu membuat koperasi tergeser atau kurang adanya tempat. Pemerintahpun tidak diam saja pada saat mengetahui hal tersebut. Pemerintahpun dengan segala usahanya tetap menggalakkan koperasi kepada masyarakat.

Permasalahan koperasi di Indonesia saat ini
Jangan heran jika ditanya soal masalah, sudah pasti banyak masalah yang dihadapi koperasi Indonesia saat ini. Disini saya tidak menyebutkan semuanya, saya ambil garis besarnya saja. Masalah yang pertama ialah perkembangan koperasi dari pemerintah bukan kesadaran dari masyarakat. Mengapa demikian ? itu semua didasarkan atas asumsi masyarakat yang mengatakan bahwa koperasi milik pemerintah dan seutuhnya di atur oleh pemerintah.

Padahal asumsi yang dikatakan masyarakat itu salah, koperasi itu berkembang karena usaha para anggota dan pengurusnya. Dengan hal tersebut akan memacu tingkat partisipasi anggota koperasi rendah. Dan akan dipandang bahwa kita turut bekerja didalamnya. Misalnya pada bagian manajemen, kebanyakan hanya pada menanamkan modal saja tetapi tidak ikut serta dalam pekerjaannya, biasanya mereka yang menanamkan modal saja akan merekrut orang untuk bekerja didalamnya.

Yang kedua adalah gambaran koperasi di mata masyarakat. Hal tersebut akan menjadi penghambat koperasi untuk berkembang, maju dan mempunyai daya saing yang kuat. Jika pandangan masyarakat terhadap koperasi sudah jelek tentu akan sangat mengganggu kelancaran aktivitas koperasi itu sendiri, begitu juga sebaliknya jika pandangan masyarakat akan koperasi baik maka dengan cepat koperasi akan berkembang,maju dan dapat bersaing dengan sehat .
Yang ketiga adalah manajemen koperasi yang kurang atau bahkan tidak professional. Mengapa dapat dikatakan demikian? Itu dikarenakan dalam proses perhitungan kita dapat melihat masih sangat manual, jika dengan alat yang modern maka mungkin lebih simple dan mempermudah penggunaan dan akan terperinci setiap transaksi yang dilakukan dikoperasi. Manajemen yang sederhana juga sebagai masalahnya, karena manajemen yang sederhana akan susah untuk maju, jika manajemennya lebih mengetahui maka akan mudah untuk maju.

Yang keempat adalah mengenai dana yang disalurkan ke koperasi. Disini pemerintah harus lebih tegas dalam masalah dana, yaitu perlunya pengawasan yang baik, karena kalau tidak akan sangat berbahaya dampaknya.mungkin masih banyak masalah lainnya yang anda ketahui selain yang saya tuliskan diatas.

Harapan saya akan koperasi untuk kedepannya
Disini yang berperan aktif pertama adalah pemerintah karena disini yang memegang kekuasaan adalah pemerintah. Pemerintah harus tegas dan ketat dalam melakukan pengawasan khususnya pada dana yang diberikan pada setiap koperasi yang ada di Indonesia. Hal lain yang saya harapkan adalah masalah-masalah yang ada harus segera diselesaikan agar tidak bertambah banyak lagi. Jika pemerintah membutuhkan bantuan hendaklah menggalakkan kepada masyarakat agar ikut serta di dalamnya. Karena dengan demikian tingkat partisipasi masyarakat akan meningkat. Untuk mempertahankan koperasi itu bisa dengan cara membeli kebutuhan dikoperasi. Didalam koperasi banyak sekali nilai nilai yang terkandung didalamnya seperti nilai gotong royong, kebersmaan, kekeluargaan serta lebih mementingkan kepentingan bersama.

Dalam hal ini pemerintah juga harus memperhatikan dan melakukan peninjauan ke koperasi secara langsung khususnya yang terdapat di desa-desa. Dengan seperti itu pemerintah akan mengetahui secara langsung perkembangan yang ada di koperasi tersebut. Kita sebagai warga Indonesia hendaklah memakai dan menggunakan produk dalam negeri karena selain kualitas yang berbeda, hasil karya negeri sendiri,dan akan meningkatkan perekonomian Indonesia . selain itu akan meningkatkan pendapatan Negara yang meningkat dan masyarakat akan menjadi produktif. Mungkin dengan cara cara seperti itu perlahan-lahan koperasi akan bisa tumbuh dan berkembang seperti sedia kala lagi. Tetapi memang semua itu perlu proses yang maksimal jangan hanya teori saja tetapi prakteknya tidak dilaksanakan, hal seperti itu sama saja bohong. Teori dan praktek jika dikerjakan bersama dengan maksimal maka hasilnya akan baik juga.

Jika semua itu dilakukan dengan baik maka saya yakin koperasi akan terus berkembang. Mulai dari sekarang rencana-rencana yang sudah disiapkan pemerintah sebaiknya dilakukan dan dikerjakan secepatnya agar koperasi di Indonesia dapat tumbuh kembali.

Tetapi koperasi-koperasi yang ada di sekolah-sekolah juga harus tetap dilakukan pengawasan agar tetap berdiri dan membantu kebutuhan siswa, seperti membeli peralatan sekolah,jajanan dan lain sebagainya. Pokoknya disini semua koperasi yang ada di Indonesia sebaiknya di benahi dan diperbaiki lagi. Dengan demikian pemerintah haruslah bekerjasama dengan para anggota koperasi dan masyarakat untuk memajukan koperasi yang ada di Indonesia ini.  













Komentar