Ekonomi Koperasi


Cara mensosialisasikan koperasi kemasyarakat

Mungkin banyak sekali cara yang ditempuh untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat, tetapi itu tidak semudah membalikan telapak tangan, disini kita butuh proses dan waktu yang tidak cepat karena masing-masing orang berbeda-beda dalam menerima pendapat yang nantinya akan kita berikan kepada masyarakat. Tetapi itu semua bisa tidak sulit asalkan didukung dengan niat, sarana dan prasarana serta kerjasama antar anggota koperasi tersebut.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat, bisa dilakukan melalui media massa dan dapat dilakukan langsung oleh para pengurus koperasi yang bersangkutan, karena dengan media massa saja itu saya rasa tidak cukup. Lebih baik kita sebagai pengurus bergerak langsung kelapangan agar bisa memantau keadaan yang sebenarnya. Koperasi mempunyai banyak manfaat dan kelebihan bagi anggota dan masyarakat, tetapi disini masalahnya koperasi kurang diperhatikan dan kurang dipromosikan lebih kemasyarakat agar tetap bertahan sampai kapanpun. Selama ini mungkin masyarakat hanya mengetahui bahwa koperasi adalah suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan, mereka tidak mengetahui tentang apa itu prinsip koperasi, apa itu tujuan koperasi dan masih banyak lagi.

Mereke hanya mengetahui sebagian kecilnya saja. Maka dari itu kita harus lebih mengenalkan lagi ke masyarakat agar mereka mengetahui apa saja yang ada di dalam koperasi itu. Sebelumnya karena masyarakat hanya mengetahui sebagian kecil saja dari koperasi itu maka banyak sekali yang mendirikan koperasi tetapi tidak bertahan lama, hal itu menyebabkan banyak koperasi yang sudah tidak aktif lagi, akibatnya perekonomian Indonesia pun menjadi buruk. Koperasi yang benar-benar itu koperasi yang mempunyai konsep dan tujuan yang nantinya dapat berkembang di era globalisasi.dari masalah tersebut sangat disayangkan sekali.
Kita sabagai pemuda juga harus ikut serta dalam mempromosikan koperasi kepada masyarakat. Cara mensosialisasikan koperasi itu dimulai bagaiman acara kita membuat koperasi menjadi menarik dimata masyarakat. Bisa dilakukan dengan cara kita mengadakan seperti seminar untuk mengumpulkan masyarakat di daerah-daerah maupun kota lain. Didalam seminar tersebut nanti kita akan menjelaskan mengenai koperasi tersebut. Dapat dimulai dengan memperkenalkan anggota koperasi yang menarik yaitu dengan mencari anggota koperasi yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

Selain anggota yang mempunyai kemampuan tentu saja boleh untuk yang hanya sekedar daftar untuk menjadi anggota koperasi. Karena anggota yang belum berpengalaman akan diberi pelatihan khusus agar mereka juga sama seperti yang lain. Dengan seperti itu anggota koperasipun dapat bekerja secara maksimal dalam bidangnya masing-masing. Jika sudah memiliki anggota yang baik seperti itu maka akan mudah untuk memilih pemimpin yang baik kinerjanya untuk kedepannya.

Setelah itu cara membuat koperasi agar menarik antara lain dengan merubah pelembagaan koperasi, maksudnya adalah disini koperasi melakukan dengan pola penitipan , yaitu dititipkan kepada dua kekuatan ekonomi, maka dari itu disini saya akan mencoba untuk merubah kebijakan tersebut dengan tujuan agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang selayaknya dan menjadi koperasi yang mandiri yang tidak banyak bergantung terhadap pemerintahan, koperasi yang kreatif dan independen. Cara yang lainnya yaitu dengan cara meningkatkan daya jual koperasi dan melakukan sarana promosi, disini saya akan merubah dengan cara mem,buat ruangan koperasi menjadi lebih nyaman , bersih dan rapi. Bisa dilakukan dengan cara mengcat ruangan tersebut dengan warna-warna yang cerah dan menarik masyarakat.

Selain itu dengan memasang spanduk atau papan iklan agar masyarakat mengetahuinya atau boleh juga dengan melakukan penyebaran brosur yang didalamnya terdapat promo-promo tentang koperasi tersebut. Dengan cara seperti itu saya berharap ada investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya ke koperasi tersebut. Masih banyak cara yang lainnya yaitu dengan membenahi kondisi internal koperasi itu sendiri, ini yang sangat rawan untuk anggota, maka dari itu pengrekrutan anggota koperasi janganlah melebihi batas, sebaiknya harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Karena dengan pengrekrutan anggota yang melebihi batas ditakutkan banyak yang tidak benar dalam kinerjanya, yaitu misalnya kepentingan koperasi malah dijadikan kepentingan pribadi, misalnya lagi dengan penyalahgunaan dana koperasi, atau banyak pengurus yang nakal lainnya. Cara berikutnya yaitu dengan menerapkan system GCG (good corporate govermance) kita perlu mencontoh sistem tersebut yang dgunakan perusahaan yang berbadan hukum perseroan.

Karena dengan mencontoh system yang dimiliki CGC tersebut maka akan berdampak baik untuk koperasi di Indonesia ini , alhasil perkembangan koperasi semakin lama semakin berkembang. Koperasi dapat membuktikan bahwa dirinya mampu bertahan dari era globalisasi dan badai krisis ekonomi yang terjadi, yaitu diperkuat dengan terbentuknya Kementrian Negara koperasi dan UKM yang bertugas untuk mengembangkan koperasi menjadi lebih daya guna lagi kedepannya. Dan menjadikan perekonomian Indonesia pun semakin baik. Jika koperasi sudah lebih berdaya maka kagiatan produksi dan konsumsi harus dikerjakan setiap anggotanya dengan semaksimal mungkin jangan hanya konsepnya saja tetapi tidak dilakukan.karena banyak sekali koperasi yang sudah menyusun konsep dengan baik tetapi prakteknya jauh sekali dari konsep tersebut.

Cara selanjutnya memperbaiki koperasi secara menyeluruh, yang saya harapkan adalah dari dibentuknya koperasi tersebut harus benar-benar diperhatikan dari hal sekecil apapun itu. Semua yang memperburuk kinerja maupun kondisi koperasi lebih baik dihilangkan saja. Saya berharap di koperasi dapat disediakan komputer untuk data-data pembelian, agar nantinya setiap akhir bulan laporan keuangan sesuai dengan transaksi yang ada di komputer tersebut. Dengan demikian tak akan ada lagi yang menyalahgunakan dana tersebut. Dan dengan seperti itu transaksi akan terperinci dengan baik juga.

Selain dengan cara-cara tersebut, kita dapat mensosialisasikan koperasi dengan terjun langsung kelapangan, maksudnya yaitu kita dapat memberikan penyuluhan ke setiap RT,RW maupun kelurahan/kecamatan. Menurut saya cara seperti ini lebih efektif dikarenakan kita dapat melihat langsung gimana perkembangan yang ada di koperasi tersebut di suatu daerah maupun kota lainnya. Disamping itu masyarakat pun dapat bertanya langsung apa saja yang tidak mereka ketahui tentang koperasi, selain itu disini dapat menjalin kekeluargaan langsung kepada masyarakat.

Saat penyuluhan atau diadakannya seminar ke RT/RW, disitulah kesempatan kita untuk menjelaskan apa prinsip koperasi, tujuan koperasi, mengenalkan peraturan-peraturan yang ada di koperasi, mengadakan Tanya jawab agar mereka lebih jelas dan memahami jika mereka akan bergabung menjadi anggota koperasi, jangan lupa juga untuk menjelaskan tentang pentingnya simpan pinjam yaitu simpanan pokok dan simpanan wajib sebagai modal utama koperasi yaitu dengan tujuan agar nantinya masyarakat lebih memahami mengenai kewajiban untuk mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang berasal dari simpanan pokok tersebut yang nantinya juga akan berguna untuk kepentingan bersama bagi setiap anggota koperasi.

Pada saat menjelaskan mengenai prinsip koperasi sebaiknya pembicara harus dapat member motivasi agar masyarakat tertarik kembali ikut serta dalam kegiatan koperasi guna untuk meningkatkan kualitas usaha koperasi dan kehidupan masyarakat. Dari semuanya itu tentu tidak ketinggalan peran pemerintah dalam mensosialisasikan koperasi terhadap masyarakat.

Pentingnya sosialisasi ini diadakan, agar peserta selaku tokoh masyarakat dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, antara lain pembentukan koperasi harus berkeinginan seluruh calon anggota koperasi. Memberikan kesadaran kepada masyarakat arti penting berkoperasi, koperasi yang dibentuk haruslah melaksanakan prinsip-prinsip koperasi, serta menghindari pembentukan koperasi hanya kepentingan sesaat dari beberapa orang saja.

Apabila peserta sosialisasi ini dapat memberikan  penjelasan atau motivasi kepada masyarakat arti penting berkoperasi, maka peserta selaku tokoh masyarakat sudah menanamkan bibit yang baik bagi kepentingan ekonomi masyarakat

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Dengan ini saya berharap masyarakat dapat tertarik untuk berinvestasi dan bergabung dalam usaha-usahanya dan bekerja sama dengan koperasi. Saya berharap semoga koperasi yang sekarang-sekarang ini dapat lebih baik dari sebelumnya, bisa terus maju dan berkembang.



Komentar