Kinerja Jokowi


Memantau Kinerja Seorang Jokowi

Dahulu kita tidak pernah mengetahui secara jelas siapa sosok seorang Jokowi , tetapi sekarang ini sudah pasti kalian semua mengenali seorang Jokowi. Disini akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai biografi beliau. Dari sumber yang saya dapat Jokowi merupakan tokoh pemimpin terpuji Walikota di Solo dan juga berperan mempromosikan mobil Esemka. Jokowi lahir di Surakarta tanggal 21 Juni 1961, beragama islam, jokowi meraih gelar insiyur dari fakultas kehutanan UGM pada tahun 1985.

Pada tahun 2012 ini Jokowi memenangkan  pilkada DKI Jakarta dan ditetapkan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Banyak pihak yang mendukung dan optimis terhadap kinerja Jokowi dan wakilnya Ahok untuk mebuat dan memperbaiki kota Jakarta untuk lebih baik lagi dalam menyelesaikan masalah kota Jakarta yang semerawut.

Sebelum memenangkan pilkada DKI Jakarta ketika ia mencalonkan menjadi walikota Solo banyak sekali masyarakat yang meragukan kemampuan beliau ini, mengapa demikian ? karena masyarakat memandang dari profesi beliau yang waktu itu hanya sabagai pedagang mebel dan taman. Bahkan sampai beliau sudah terpilih menjadi walikotapun, masyarakat masih tetap meragukan/tidak yakin kemampuan beliau. Tetapi jokowi tidak tinggal diam saja, dia membuktikan kepada masyarakat bahwa dia mampu memimpin untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Setelah setahun memimpin, beliau membuktikan dengan gebrakan kemajuan yang dilakukan olehnya. Dimulai dari memajukan kegiatan perdagangan. Beliau menanamkan prinsip dari pengembangan di Eropa yang dia pelajari ketika dia melakukan kegiatan perjalanan ke Eropa untuk kegiatan bisnisnya. Dengan cara menanamkan hal itu jokowi mampu mengangkat kota Solo.

Dari situlah masyarakat kota Solo mulai mempercayai dan menghargai Jokowi sebagai pemimpin kota mereka yaitu kota Solo. Lambat launpun Jokowi terus melakukan upaya-upaya untuk membuat kota Solo terus berkembang. Menjelang pilkada di Jakarta Jokowi melakukan berbagai kegiatan dengan cara menanyakan dan ingin mengetahui apa saja keluhan yang ada di daerah tersebut dengan cara terjun langsung ke lapangan. Setelah itu ternyata Jokowi memenangkan pilkada di DKI Jakarta, tetapi tidak semudah yang dibayangkan. Beliau memenangkan pilkada tersebut pada putaran kedua. Setelah memenangkan pilkada tersebut berita sekitar Jokowi terus menjadi incaran media untuk diberitakan, dari hal yang unik dimana dari awal sampai sekarang gerak gerik Jokowi terus terdengar manis, semua itu karena hal yang dilakukan positif.

Masyarakat pun sangat antusias dan mendukung Jokowi berharap Jokowi bisa lebih baik untuk membenahi kota Jakarta yang memiliki banyak permasalahan. Masyarakatpun sangat menyukai Jokowi karena beliau begitu sederhana dan apa adanya, tidak ribet, bergerak cepat dalam tindakannya, serta fokus dalam bekerja. Setelah terpilih menjadi pemimpin DKI Jakarta beliau sejak dilantik mulai membenahi kota Jakarta dari hal-hal yang kecil dahulu.

Sejak dilantik beliaupun terus menelusuri kota Jakarta khususnya daerah-daerah yang berada di bawah. Beliau terus memantau dan menanyakan keluhan apa saja yang terjadi di daerah tersebut. Dia sangat bijak dalam menghadapi permasalahan, tidak melakukan emosi dan kekerasan. Tidak terasa sudah hampir dua minggu lebih Jokowi memimpin Jakarta. Beliau terus melakukan gebrakan dan sidak, hal seperti itu merupakan hal yang berani dan sangat-sangat memihak rakyat, memang hal seperti akan membawa dampak yang positif.

Dengan gebrakan tersebut pemberitaan tentang Jokowi pun terus ada dimana-mana. Disini saya akan jelaskan mengenai beberapa gebrakan atau sidak yang dilakukan Jokowi. Contoh yang pertama adalah menenai usulan jokowi untuk adanya kampung deret baik yang ada di pinggiran rel maupun yang ada di bantaran sungai, terlebih dahulu beliau mendiskusikan hal ini pada instansi terkait untuk memberitahukan konsep yang akan digunakan bertujuan untuk mendapat dukungan dari lembaga-lembaga terkait lainnya.

Disini Jokowi melakukan pembagian tugas kepada wakilnya dengan sangat bijak. Tetapi konsep yang dibuat keputusannya ada ditangan rakyat, jika rakyat menolak akan konsep tersebut, Jokowi tidak akan menyerah, beliau akan melakukan dengan cara pendekatan sosial. Agar rakyat lebih mengerti maksud dan tujuannya.
Contoh kedua diantaranya dalam mengatasi masalah kemacetan di Jakarta ini, tentu kalian sudah tidak heran jika mendengar kemacetan di Jakarta. Untuk masalah ini Jokowi tidak menyerah dan tidak bekerja sendiri. Baru-baru ini Jokowi mendatangi polda metrojaya yang sudah pasti beliau akan melakukan kerjasama kepada pihak yang berwenang mengatur peraturan dijalan raya yaitu polisi.

Langkahnya yaitu sepakat untuk meninggikan pembatas jalur busway, dikarenakan sering terjadi korban misalnya saja baru-baru ini ada korban yang juga terjadi amuk massa terhadap busway, dimana korbannya anak kecil dan lain sebagainya, menurut saya keputusan yang di ambil Jokowi sudah cukup bijak. Sampai sekarang ini Jokowi beserta Ahok pun terus menggodok masalah ini. Ditangan Jokowi tampaknya tinggal menunggu waktu untuk direlisasikan saja. Jokowi lebih memahami dalam mengambil keputusan , beliau tidak akan melakukan hal bodoh. Saya berharap dengan konsep transportasi yang terintegrasi dengan baik untuk daerah-aerah lain dan sekitar

Jokowi mampu merealisasikan konsep yang sudah disusunnya tersebut. Jokowi tidak hanya dari konsep saja, beliaupun turun langsung kelapangan, yaitu ke terminal-terminal seperti yang kita lihat di berita bahwa Jokowi mendatangi terminal Kampung Melayu untuk melihat kondisi di sekitarnya serta keadaan alat transportasi seperti bis bis yang ada, ternyata keadaannya sudah tidak layak ujar Jokowi. Disini Jokowi tampaknya sedang mengumpulkan masalah-masalah yang ada di Jakarta dengan begitu beliau akan merumuskan untuk penyelesaian dari masalah-masalah tersebut.

Contoh yang ketiga adalah Ketika Jokowi meninjau sejumlah daerah di Jakarta, mulai dari hal yang kecil seperti selokan tak luput dari perhatian beliau, secara tidak langsung Jokowi pun menegur warga serta RT dan RW untuk memperhatikan masalah tersebut kalau tidak dengan cara dikeruk saja. Bijak sekali beliau dalam penyampaiannya, disini dalam menyelesaikan masalah Jokowi tidak mau bekerja sendiri beliau ingin melibatkan langsung kepada warga di sekitar. Jangan lupakan sidak mendadak yang dilakukan Jokowi ke sejumlah kelurahan dan kecamatan. Tindakan tersebut belum pernah dilakukan oleh pemimpin sebelumnya. Memang terlihat agak lucu, karena dengan demikian kita sebagai masyarakat baru mengetahui bahwa ternyata seorang lurah atau camat datang untuk bekerja tidak disiplin yaitu tidak tepat pada waktunya. Bahkan kantor kecamatan tepat jam 8 pagi wib ketika Jokowi melakukan sidak mendadak kantor kecamatan tersebut belum dibuka. Disini sudah jelas bahwa ternyata banyak sekali yang tidak disiplin jika tidak dipantau oleh pemimpinnya.

Disini Jokowi apakah marah-marah ? tentu saja tidak , disini Jokowi hanya menyindir secara halus supaya para petugas kantor tersebut sadar akan tugasnya. Tindakan selanjutnya adalah Jokowi akan mengumpulkan camat dan lurah se-DKI Jakarta guna untuk pengarahan tentang melayani masyarakat. Ya disini adalah melayani bukan dilayani, Jokowi tidak melakukan tindakan bodoh seperti langsung memcat lurah ataupun camat tetapi memberikan kesempatan untuk menyesuaikan gaya kepemimpinan Jokowi.

Sungguh bijak bukan hal yang dilakukannya. Setelah itu beliaupun meninjau mengenai rumah susun yang ada di Jakarta, ketika Jokowi mendatangi rumah susun tersebut wargapun langsung memberitahukan permasalahnnya seperti masalah air yang terkadang suka mati, masalah udara yang ada di rumah susun tersebut,

mungkin karena saking banyak yang tinggal disana maka semakin padat dan menjadi sumpek udaranya.Jokowi berjanji akan membenahi masalah-masalah yang ada di rusun tersebut. Dan mungkin semakin hari semakin banyak lagi gebrakan dan kebijaksanaan yang dilakukan Jokowi untuk lima tahun kedepan.

Dari semua bacaan di atas jelas bukan sosok pemimpin yang seperti inilah yang diharapkan oleh rakyatnya, jangan hanya janji janji saja tetapi realisasinya nol besar. Semoga dengan pemimpin yang sekarang ini khusunya kota Jakarta menjadi lebih baik, aman dan disiplin lagi untuk kedepannya. Dan kita pun sebagai warga harus saling membantu rencana pemimpin kita.

Komentar