Ibu Kota Kebanjiran


Banjir oh banjir …
Kalian semua pasti sudah tahu berita mengenai banjir yang terjadi di Ibu kota Jakarta tercinta ini. Sungguh sangat memprihatinkan sekali keadaan yang sebenarnya yang ada di Jakarta ini. Jika dibahas masalahnya mungkin penyebab pertamanya adalah sampah yang ada dimana-mana dan malasnya warga Jakarta yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya. Selain masalah sampah adalah masalah pembangunan yang terjadi di Jakarta.

Banyak sekali bangunan-bangunan di Jakarta yang terlihat sangat mewah seperti gedung-gedung bertingkat ataupun mall-mall yang dibangun tetapi apakah bangunan tersebut ketika membangun sudah di imbangi dengan daerah resapan air ataupun selokan-selokan yang nantinya untuk mengaliri air. Sudah pasti untuk terpikirkan kesitu pasti hanya sedikit saja, karena yang dilihat hanyalah bangunan yang menjulang tinggi dan bagus dilihat dari luar. Pemikirannya sangat kurang sekali untuk daerah resapan air ataupun untuk aliran air yang nantinya jika sewaktu-waktu terjadi hujan lebat.

Tidak hanya itu saja, banyak sekali dijalan-jalan raya besar di adakannya pelebaran jalan. Memang !! jalan menjadi agak luas dari sebelumnya tetapi apakah sudah di imbangi oleh selokan yang diperdalam juga ?? sudah pasti tidak. Bayangkan saja jika misalnya pelebaran jalan dilakukan sejauh 3matau4m, lalu selokan tetap dengan ukuran semula yang belum terjadinya pelebaran jalan. Maka sudah pasti ketika hujan air diselokan akan meluap kejalan apalagi jika bahan untuk membuat jalan tersebut tidak menyerap air.

Sudah dipastikan banjir akan terjadi. Jika hal tersebut sudah terjadi sebaiknya dijadikan pengalaman bahwa rencana untuk pelebaran jalan itu hendaknya direncanakan secara matang dan harus di imbangi dengan resapan air atau selokan/got untuk mengaliri air.

Untuk pembangunan gedung ternyata diluarnya saja bagus tetapi kurangnya pemikiran mengenai hal-hal buruk yang akan terjadi. Misalnya dibasemen-basemen seharusnya diberi lubang ataupun aliran untuk mengaliri air jika terjadi banjir, tetapi ini tidak malah untuk mengeluarkan air dalam basemen waktu terjadi banjir yaitu dengan mengangkut air tersebut dengan bak-bak. Tetapi dengan terjadinya banjir di Jakarta ini kita semua menjadi lebih tahu bagaimana sebenarnya pembangunan yang terjadi di Jakarta ini. Dan sudah telat memang untuk membenahi Jakarta dalam masalah banjir, tetapi lebih baik telat dari pada tidak sama sekali. Dan disini sudah pasti gubernur DKI Jakarta Bpk. Jokowi akan bekerja keras dan membenahi Jakarta dengan cepat,tuntas dan sebaik mungkin. Dan kita sebaiknya membantu bpk. Jokowi tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian Jakarta pun dapat terhindar dari banjir yang terjadi seperti sekarang ini. 

Komentar