Menumbuhkan Semangat Belajar

Sebelum kita kepokok bahasan lebih baik kita mengerti dulu pengertian dari belajar itu sendiri. Belajar merupakan proses dari belum memahami suatu permasalahan menjadi paham suatu permasalahan atau kasus yang kita pelajari tersebut . Proses belajar itu selalu ada dimana pun kita berada, dan proses itu sangat diperlukan bagi setiap orang di dunia ini.

Walaupun caranya yang berbeda-beda yaitu cara penyampaian dan cara menangkap proses pembelajaran itu yang berbeda tiap masing-masing orang. Dan ada seseorang yang dalam proses belajar tersebut menghadapi hambatan-hambatan untuk menerima pembelajaran itu. Kalau sudah ada hambatan seperti itu kedepannya akan susah untuk menangkap pembelajaran itu.

Jika sudah seperti itu kita harus pandai membuang jauh-jauh hambatan itu karena itu sangat mengganggu kita. Yaitu dengan cara atau metode yang tepat untuk menumbuhkan semangat belajar dalam diri kita masing-masing agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan sebaik mungkin. Cara yang demikian itu misalnya seperti :
·         memotivasi dalam diri kita bahwa dengan belajar kita akan menjadi lebih baik untuk kedepannya dalam kehidupan kita
·         carilah lingkungan atau tempat yang nyaman untuk proses belajar tersebut agar kita bisa konsentrasi dengan baik
·         bergaullah atau berteman dengan orang-orang yang cara berfikirnya membangun
·         Bersainglah secara sehat dalam proses pembelajaran
·         Carilah suasana belajar yang menyenangkan dan menarik
·         Perpustakaan Mini. Semakin banyak buku dan fasilitas belajar yang tersedia, akan semakin mudah membangkitkan semangat belajar si anak.
·         Membuat Rekaman Pelajaran. Beberapa anak memiliki gaya belajar audio, yang lebih suka belajar menggunakan telinga, membuat rekaman pelajaran akan membantunya menangkap maksud pelajaran

Saya yakin dengan metode atau cara sepertI di atas kita akan bisa semangat dalam proses belajar dan akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan bagi diri kita sendiri kedepannya . dan dapat menerima mata kuliah ataupun pelajaran dengan semaksimal mungkin.

Komentar