SARJANA YANG BERGUNA BAGI MASYARAKAT

Sebuah gelar sarjana itu memang tidak mudah didapatkan begitu saja , tetapi harus benar-benar serius dan perjuangan dalam proses belajarnya atau dalam pendidikan untuk mendapatkan sebuah gelar sarjana tersebut . Tetapi ada yang dengan mudah mendapatkan sebuah gelar sarjana tersebut bahkan tidak perlu berkuliah terlebih dahulu , yaitu dengan cara membeli gelar sarjana tersebut.

Dengan cara seperti itu sama saja bohong dan menipu banyak orang. Dengan membeli gelar sarajan tersebut juga sama saja sarjana yang tidak sama sekali berguna bagi masyarakat.

Karena seorang sarjana yang berguna bagi masyarakat adalah seorang sarjana yang benar-benar menempuh pendidikan atau perkuliahan dengan baik dan dengan tepat waktu , tetapi tidak dengan itu saja, yaitu melainkan harus terdapat sikap atau sifat ataupun yang sering disebut kepribadian dalam dirinya yang patut untuk dicontoh dalam masyarakat. Karena percuma dengan gelar sarjana tetapi tidak bisa bersosialisasi ataupun berhubungan baik dengan lingkungan masyarakat. Sarjana yang berguna bagi masyarakat itu rata-rata lebih mementingkan kepentingan umum (kepentingan masyarakat itu sendiri) dibandingkan kepentingan pribadinya.

Bisa dibilang dapat membantu dan patut dicontoh dilingkungan masyarakat. Tetapi karena kita sudah mendapatkan gelar sarjana jangan dalam membantu suatu pekerjaan dilakukan dengan setengah-setengah atau cara yang tidak terpandang, hal seperti itu sama saja memalukan diri kita sendiri dan hasil yang kita dapat pun tidak memuaskan. Sebaiknya dalam membantu suatu pekerjaan harus dilakukan dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab supaya hasilnya pun bisa semaksimal mungkin dan kitapun bangga.   

Dengan demikian, kita sebagai sarjana tidak usah sombong dan bangga dengan gelar tersebut,belum tentu dengan gelar tersebut kita bisa diterima dimasyarakat sesuai keinginan kita, maka dari itu kita sebagai sarjana tidak usah muluk-muluk dilingkungan masyarakat, dengan membantu sesuai kemampuan kita dan berbuat kebaikan yang positif kepada masyarakat itu sudah cukup membuktikan kita berguna dimasyarakat.

Komentar