Soal Softskill


1.      Dibawah ini yang termasuk evaluasi keberhasilan koperasi dilihat dari sisi anggota, kecuali ...
  1. Efek-efek ekonomis koperasi
  2. Analisis neraca pembayaran *
  3. Efek harga dan efek biaya
  4. Penyajian dan analisis neraca pelayanan

2.      Koperasi dalam hubungan yang penting dengan para anggotanya memiliki kedudukan sebagai … koperasi
  1. Pemilik sekaligus pengguna*
  2. Pelayanan jasa
  3. Pengguna jasa
  4. Pemilik

3.      Dalam motivasi ekonomi yang mempersoalkan mengenai dana/simpanan apakah menguntungkan atau tidak yaitu anggota sebagai …
  1. Pengguna
  2. Penjual
  3. Pembeli
  4. Pemilik*

4.      Setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan koperasi yaitu jika kegiatan tersebut sebagai berikut, kecuali …
  1. Pelayanan dengan mutu/syarat yang lebih menguntungkan
  2. Kegiatan tidak sesuai dengan kebutuhan*
  3. Pelayanan dengan harga yang lebih menguntungkan
  4. Kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan

5.      Yang menentukan keberhasilan sebuah koperasi adalah …
  1. Pemilik koperasi
  2. Keuntungan koperasi
  3. Struktur koperasi
  4. Partisipasi anggota*

6.      Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi anggota adalah …
a.       Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi*
b.      Besarnya SHU
c.       Kegiatan koperasi
d.      Koperasi dalam pasar yang bersaing

7.      Insentif berupa pelayanan barang jasa oleh perusahaan koperasi yang efesien/adanya pengurangan biaya merupakan pengertian dari …
  1. Penyajian neraca pembayaran
  2. Partisipasi anggota
  3. Kemanfaatan ekonomis*
  4. Analisis neraca pembayaran
8.      Persoalan Kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual / pembeli di luar koperasi merupakan motivasi ekonomi anggota sebagai ...
a.       Pemilik
b.      Pengguna*
c.       Pengurus
d.      Produsen

9.      Partisipasi anggota terhadap koperasi akan meningkat jika  
  1. Dana yang melimpah
  2. Anggota yang banyak
  3. Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya*
  4. a dan b benar

10.  Penyajian dan analisis neraca pelayanan disebabkan oleh dua perubahan, yaitu …
  1. Kebutuhan para anggota
  2. Lingkungan koperasi
  3. Kebutuhan masyarakat dan lingkungan masyarakat
  4. a dan b benar*

11.  Dua faktor utama untuk meningkatkan pelayanan koperasi kepada anggotanya, salah satunya adalah …
  1. Pelayanan anggota
  2. Adanya persaingan dari organisasi lain*
  3. Lingkungan koperasi
  4. Lingkungan masyarakat sekitar

12.  Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan koperasi memerlukan …
  1. Informasi-informasi dari anggota koperasi*
  2. Dana dari anggota koperasi
  3. Kebutuhan pemilik koperasi
  4. Informasi partisipasi anggota

13.  Pelayanan barang dan jasa yang efesien, pengurangan biaya, diperolehnya harga menguntungkan, penerimaan keuntungan merupakan bagian dari motivasi …
  1. Normative
  2. Konservatif
  3. Utilitarian*
  4. Ekonomis

14.  Evaluasi keberhasilan koperasi dilihat dari sisi anggota yang di dalamnya terdapat motivasi utilitarian adalah …
  1. Penyajian dan analisis neraca pelayanan
  2. Efek harga dan efek biaya*
  3. Efek-efek ekonomis koperasi
  4. Analisis efek hubungan ekonomis
15.  Pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi biaya penyusutan dan kewajiban lainnya merupakan pengertian dari …
  1. Deposito
  2. SHU*
  3. Operasi
  4. Kegiatan koperasi

16.  Penetapan besarnya pembagian dan jenis serta jumlahnya kepada para anggota ditetapkan oleh …
  1. Rapat anggota*
  2. Pendapatan koperasi
  3. Pemilik modal koperasi
  4. Penjualan yang diperoleh

17.  Besarnya SHU yang diterima setiap anggota dan berbeda tergantung dari besarnya partisipasi …
  1. Transaksi usaha
  2. Modal
  3. Kebutuhan dan usaha
  4. a dan b benar*

18.  1. Omzet/volume usaha peranggota
2. Total seluruh transaksi usaha yang bersumber dari pemilik
3. Total seluruh simpanan anggota
4. Total seluruh transaksi usaha
Yang termasuk informasi perhitungan SHU, kecuali …
  1. 1 dan 3
  2. 3 dan 4
  3. 2 dan 4
  4. 2 saja*

19.  Total nilai penjualan/penerimaan dari barang dan atau jasa pada suatu periode disebut …
  1. Omzet/volume usaha*
  2. SHU total
  3. Partisipasi modal
  4. Transaksi anggota

20.  SHU yang diambil, yang ditujukan untuk jasa modal anggota merupakan pengertian dari …
  1. SHU total
  2. SHU untuk transaksi usaha
  3. Partisipasi modal
  4. SHU untuk simpanan anggota*
  
21.  Dalam AD/ART pembagian SHU untuk cadangan koperasi sebesar …
  1. 60%
  2. 50%
  3. 40%*
  4. 30%

22.  Dalam AD/ART pembagian SHU yang besarnya 5% adalah …
  1. Dana pengurus
  2. Jasa anggota
  3. Pembangunan lingkungan
  4. a dan c benar*

23.  SHU yang terdapat pada neraca atau laporan laba-rugi koperasi setelah pajak (profit after tax) merupakan pengertian dari …
  1. SHU total*
  2. SHU untuk transaksi usaha
  3. Partisipasi modal
  4. SHU untuk simpanan anggota

24.  Rumus menghitung SHU per-Anggota secara ringkas ialah …
  1. SHUpa = SHU JUA +  SHUJMA*
  2. SHUpa = SHU JUA / SHU JMA
  3. SHUpa = SHU JUA - SHU JMA
  4. SHUpa = SHU JUA x SHU JMA

25.  Berikut prinsip-prinsip dalam pembagian SHU kecuali …
  1. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan
  2. SHU anggota dibayar secara Tunai
  3. SHU yang dibagi adalah SHU dari anggota
  4. SHU anggota dibayar dengan diangsur*

26.  Kegiatan ekonomi jual beli barang atau jasa antar anggota terhadap koperasi disebut ...
a.       Jasa Anggota
b.      Pelayanan Koperasi
c.       Transaksi Anggota*
d.      Peran Koperasi

27.  Simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan usaha, dan simpanan lainnya merupakan bentuk dari ...
a.       Partisipasi Modal*
b.      SHU
c.       Transaksi Anggota
d.      Pendapatan Koperasi


28.  SHU yang diambil dari SHU bagian anggota, yang ditujukan untuk jasa transaksi anggota Merupakan bagian(presentase) SHU untuk ...
a.       Simpanan anggota
b.      Transaksi usaha anggota*
c.       Kontribusi anggota
d.      Pendapatan anggota

29.  Rumus SHU Anggota secara lengkap ialah ...
a.      SHU pa = ( x JUA ) + ( x JMA)*
b.      SHU pa = ( + JUA ) - ( + JMA)
c.       SHU pa = ( - JUA ) x ( - JMA)
d.      SHU pa = ( - JUA ) + ( - JMA)

30.  Dalam AD/ART pembagian SHU untuk jasa anggota sebesar …
a.       5%
b.      10%
c.       20%
d.      40%*

Komentar