Andai aku jadi menteri perekonomian

            Perekonomian yang ada di Indonesia ini memang masih kurang dalam persaingan di dunia. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perekonomian suatu Negara tidak maju. Dan masalah lainnya juga disebabkan dari inflasi dan deflasi, dan mungkin masih banyak lagi yang mempengaruhi perekonomian suatu Negara. Misalnya pendapatan perkapita suatu Negara yang rendah, itu disebabkan karena masih banyaknya masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah atau bisa dibilang dibawah garis kemiskinan. Memang sangat disayangkan sekali mengenai hal ini. Seharusnya menteri perekonomian harus dapat merubah keadaan seperti ini. Dan peran-peran pemerintah sangatlah perlu dalam hal ini. Misalnya lagi dalam masalah industri rumah tangga, jasa, pangan yang sampai saat ini pun belum terselesaikan masalahnya. Jika disangkutpautkan mengenai masalah pengangguran dan kemiskinan maka Indonesia jauh dari standar suatu Negara yaaa bisa dibilang seperti itu, kerena kalian sendiri sudah pasti mengetahuinya bahwa masalah pengangguran dan kemiskinan sangat sulit diatasinya sampai sekarang.
            Disini peran pemerintahlah yang harus berusaha sekuatnya untuk menyelesaikan masalah-masalah perekonomian yang terjadi di Indonesia ini. Tetapi disini lebih ditekankan pada peran menteri perekonomian di Indonesia karena beliau lah yang berkewajiban penuh dalam memikirkan masalah-masalah yang belum terselesaikan sampai pada saat ini. Masalah lainnya mengenai bahan pokok yang sering kita konsumsi, yaitu beras . kenapa beras yang kita konsumsi sehari-hari harus impor dari luar Negara ?? kenapa tidak dari dalam negeri kita saja ? memang sangat memprihatinkan seharusnya beras yang sebagai makanan pokok bangsa Indonesia dapat diproduksi didalam negeri tetapi ini harus impor diluar Negara ini. Ternyata kenyataanya beras ataupu hasil pertanian di Indonesia ini belum mampu memenuhi kebutuhan didalam negeri. Sehingga pemerintah harus mengeluarkan dana yang lebih untuk impor dari luar Negara, tetapi disini bisa jadi membuat para petani Indonesia kecewa karena hasil panen mereka terjual dengan harga yang murah.

            Sangat disayangkan sekali bukan. Dan masih banyak lagi masalah-masalah yang terjadi di Indonesia ini khususnya dalam bidang perekonomian. Dari masalah - masalah tersebut jika saya menjadi seorang menteri perekonomian. Maka saya akan bertindak dan berusaha sesuai kemampuan saya agar perekonomian yang ada di Indonesia ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. Saya akan memulai untuk membenahi pengangguran yang terjadi di Indonesia ini, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi dan pelaksanaannya harus benar-benar serius agar jelas gaji yang diterima para karyawannya kelak. Selain itu di adakannya lah tempat untuk pelatihan/melatih keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh para calon pekerja atau bisa disebut outsourching. Jika itu di awasi dengan baik maka perlahan-lahan akan mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia ini  atau bahkan nantinya bisa teratasi masalh pengangguran ini. Hal ini berpengaruh terhadap masalah kemiskinan yang ada, jika saja setiap kepala keluarga dapat bekerja dengan layak dan mendapatkan gaji yang sesuai saya yakin masalah kemiskinan yang terjadi dapat berkurang.

            Tetapi disini juga harus ada niatan dari dalam dirinya masing-masing yaitu mempunyai sikap untuk bekerja keras dan tidak mudah putus asa. Jika semua seperti itu maka akan mudah untuk memperbaiki masalah-masalah mengenai kemiskinan dan pengangguran. Jika pengangguran berkurang maka akan meningkatkan pendapatan perkapita di negaranya. Masalah selanjutnya yang harus diselesaiakn yaitu  terjadinya inflasi yang disebabkan karena meningkatnya harga barang secara umum dalam waktu yang berlangsung terus-menerus. Hal ini juga disebabkan beberapa faktor yang berkaitan dengan mekanisme pasar, yaitu :
  1. Meningkatnya daya konsumsi masyarakat.
  2. Terhambatnya pendistribusian barang.
  3. Spekulasi yang memicu konsumi karena berlebihnya likuiditas di pasar.
Dari hal-hal yang menyebabkan inflasi itu maka saya akan telusuri dalam mekanisme pasar itu sendiri dan khusunya barang-barang yang melonjak harganya. Seperti contoh-contoh yang sedang marak terjadi di Indonesia ini. Yaitu kenaikan /melonjaknya harga bahan pangan seperti bawang putih, saya sempat kaget sekali sewaktu mendengar bawang putih harga perkg nya mencapai Rp 70.000 , sangat melonjak sekali bukan. Jika bahan untuk membuat masakan dan makanan saja sudah mahal bagaimana untuk kedepannya. Belum lagi diikuti oleh kenaikan harga cabai dan daging. Mengenai bawang putih tersebut sebenarnya dari pihak petaninya sendiri sudah berusaha memproduksi bawang tersebut dengan baik, entah ada tindakan yang disengaja atau tidak dalam kasus ini, katanya ada bawang tersebut yang disembunyikian disuatu tempat bisa dibilang tidak dipasarkan. Mengapa otak jahat mereka begitu keji dalam hal ini, sudah jelas petani bergantung hidupnya pada bercocok tanam tersebut. Dalam hal ini saya akan bertindak agar tidak ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dan harus di awasi oleh pihak yang terpercaya dari awal proses produksinya sampai tiba dipasar-pasar dan sewaktu didistribusikan ke pasar-pasar. Agar tidak ada tangan jahil-jahil lagi.
            Dan sebaiknya kebutuhan yang diperlukan untuk tanaman bawang tersebut lebih terpenuhi oleh pemerintah, seperti pupuk ataupun obat-obat tanaman tersebut. Sehingga pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran dan dana untuk memenuhi kebutuhan didalam negeri. Saya juga sangat heran sampai garam saja harus impor dari luar yang katanya bermasalah karena garam dalam negeri tidak mengandung yodium. Kenapa pemerintah begitu cepat mengambil keputusan untuk impor, kalau saya mengahadapi hal yang demikian maka saya akan adakan rapat untuk membahas semua bahan makanan yang di impor dari luar Negara kita. Setelah diadakannya rapat sebaknya dibicarakn solusi dari kenaikannya harga bahan pangan tersebut, apakah dengan menambahkan yodium , atau ada tambahan campuran lainnya. Indonesia ini memiliki laut yang banyak dan bagus, tetapi kenapa tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, agar dapat memenuhi kebutuhan didalam negeri sendiri. Karena dana yang dikeluarkan untuk impor barang tersebut lebih baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tanaman yang dibutuhkan didalam negeri.
            Saya akan lebih tegas dalam mengawasi semua aspek-aspek ekonomi dan perlu ditelusuri langsung kelapangan, maksudnya ditelusuri langsung ketempatnya agar para petani mengerti dan dapat memperbaiki hasil tanaman mereka menjadi lebih baik lagi. Memang sangat sedih sekali padahal Indonesia kaya akan tanah yang subur, laut yang luas dan banyak, tanaman-tanaman yang dapat diperjualbelikan tetapi disini manajemennyalah yang salah, dengan demikian mulailah dari sekarang peran masyarakt diperlukan juga. Khusunya peran-peran bagi pihak yang berkewajiban dalam aspek-aspek perekonomian Indonesia. Agar kelak perekonomian Indonesia dapat maju dan berkembang lagi serta mempunyai daya saing.

Komentar