Kejujuran



            Jujur merupakan sifat yang sangat baik dan terpuji dalam setiap melakukan kegiatan ataupun tindakan. Kejujuran dalam setiap tindakan sangatlah diperlukan untuk mendukung pekerjaan itu sendiri, agar dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya bisa memuaskan. Kejujuran hendaklah dimulai dari hal-hal kecil yang nantinya akan membawa dampak yang baik jika melakukan tindakan yang besar. Misalnya seperti waktu meminjam buku, ketika mengembalikan ternyata buku tersebut agak rusak jadi sewaktu mengembalikan buku tersebut hendaklah kita harus jujur untuk mengakui bahwa buku tersebut rusak karena kita. Dengan seperti itu kita pun akan merasa tenang dan tidak dihantui oleh rasa bersalah kita karena telah merusakkan buku tersebut.
           
            Dan dengan kita jujur akan dipercaya oleh orang lain. Sebenarnya kejujuran ataupun sifat jujur itu sendiri merupakan sebagai modal awal kita untuk menuju kesuksesan, sudah pasti itu benar karena ketika kita dihadapkan kepada situasi dilingkungan pekerjaan maka kunci utamanya adalah kejujuran. Contohnya seperti ketika dilingkungan pekerjaan sudah pasti atasan kalian akan melihat kinerja kalian apakah baik atau tidak, yaitu diliat dengan kejujuran dalam bekerja dan disiplin waktu ketika bekerja.
           
            Jika atasan kalian sudah percaya kepada kalian karena kejujuran dan kinerja yang kalian punya, sudah pasti atasan kalian akan member tanggung jawab yang lebih kepada kalian , dan terkadang kalian bisa diangkat jabatannya. Indah sekali bukan dengan kejujuran yang sering kita latih dan punya membuat kita mudah dalam lingkungan pekerjaan. Tetapi melihat kenyataannya sudah sangat jarang sekali di Indonesia ini khususnya DKI Jakarta yang mempunyai sifat kejujuran, memang sangat disayangkan sekali terkadang orang yang ingin memberikan saksi kejujuran mereka kebanyakan takut akan dampak yang diterima ketika mereka memberikan kesaksian yang sebenarnya, karena jika mereka melaporkan dengan kejujuran yang ada nantinya mereka akan diteror oleh orang yang bersangkutan. Dengan seperti itu sudah pasti mereka yang mengetahui tindak kejahatan yang sebenarnya terjadi lebih memilih untuk diam dan pura-pura tidak mengetahuinya atau bahkan malah bisa jadi memutar balikkan fakta, yaitu berbohong. Bagaimana Negara Indonesia bisa maju kalau saja warga negaranya atau sumber daya manusianya seperti itu kebanyakan.

            Jika saja sumber daya manusia yang dimiliki oleh Negara ini bisa diolah menjadi SDM yang berkualitas untuk dirinya sendiri maupun negaranya itu sendiri, maka saya yakin akan berkembang dan bisa memajukan Negara ini. Dengan demikian hendaklah kejujuran harus ditanamkan pada sendiri kita sejak dini. Didiklah anak-anak bangsa saat ini dengan menanamkan kejujuran tersebut. Karena dengan cara seperti itu kita akan menjadi manusia yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Memang masih banyak lagi contoh-contoh dan kasus yang tidak mementingkan sifat kejujuran. Mungkin orang-orang yang memanipulasi keadaan yang sebenarnya memang mendapatkan keuntungan yang berupa materi tetapi tidak sama sekali jika dihadapkan kepada ALLAH SWT. Sudah pasti jika kita berbohong akan mendapatkan dosa. Tetapi bagaimana jika kita melakukan tindak kebohongan untuk kebaikan ? apakah hal tersebut diperbolehkan ??
Hmmmmm , menurut saya jika berbohong tetaplah dosa walaupun hal tersebut untuk melakukan kebaikan. Dari hal tersebut hendaklah sebisa mungkin untuk menghindari kebohongan tersebut. Karena lebih baik jujur tetapi terkadang menyakitkan daripada harus berbohong yang nantinya membuat kecewa atau keadaan yang lebih buruk lagi. Tetapi memang banyak sekali manusia-manusia saat ini yang melakukan apa saja demi mendapatkan uang, misalnya bisa dengan menjual kejujuran yang seseorang miliki dengan menjadi saksi palsu atau lain sebagainya itu semua mereka lakukan hanya untuk mendapatkan uang semata.

            Memang benar jika tinggal di ibu kota Jakarta ini tidak bisa mendapatkan uang maka akan merasa kesulitan sendiri untuk hidupnya. Tetapi cara seperti apa dulu yang ditempuh oleh mereka untuk mendapatkan uang tersebut, sebaiknya dimulailah dari kerja skeras dan memiliki sifat-sifat yang mulia serta diiringi oleh doa, dengan seperti sudah cukup untuk kita untuk mendapatkan uang di Jakarta ini. Jangan menggunakan hal-hal yang licik dan tidak halal untuk mendapatkan uang tersebut, toh nantinya uang tersebut tidak akn membawa berkah untuk kita.   Mulailah dari sekarang untuk menanamkan kejujuran sejak kecil.

            Dalam setiap kasus di Indonesia ini sangat bertele-tele sekali karena banyak sekali oknum-oknum yang tidak jujur akan kasus yang srdang dihadapinya maka dengan seperti itu membuat masalah ataupun kasus  yang tak kunjung selesai. Dan bahkan terkadang memang tidak dselesaikan. Jikalau saja didalam setiap mengahdapi kasus dalam bentuk apapun didasari oleh kejujuran yang ada , saya yakin kasus-kasus yang adapun akan cepat terselaisakan dengan baik. Dan dapat menyelesaikan kasus-kasus selanjutnya dengan cepat dan seadil mungkin. Tetapi disini memang banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyelesaikan kasus tersebut.  Iyaa benar jujur atau kejujuran itu mahal sekali harganya, karena sekarang banyak sekali orang yang mudah terpengaruh untuk berbohong jika sudah menyangkut mengenai uang. Dan di zaman sekarang ini sudah jarang sekali orang yang bersifat jujur, mungkin hanya sedikit sekali jika terdapat orang jujur disekarang ini. Memang sudah tidak heran lagi, karena manusia sekarang sudah mengikuti globalisasi dan kemajuan tekhnologi yang kurang baik untuk sikap dan sifat mereka. Tidak akan ada habisnya jika kita selalu mengikuti kemajuan tekhnologi tersebut.


            Sebaiknya jika hiduplah sebaik mungkin dengan merubah sikap dan sifat kita menjadi lebih baik lagi, agar kelak akan menjadi modal kita untuk menuju kesuksesan dan kelak bisa menjadi manusia yang berguna bagi bangsa/Negara dan menjadi lebih baik untuk kepribadiannya. Untuk itu tanamkan dalam diri kita masing-masing yaitu sikap dan sifat mulia seperti misalnya kejujuran, kedisiplinan, rasa peduli, gotong royong serta masih banyak lainnya. Jikalau kita menanamkan seperti itu sejak dini atau dari kita kecil maka akan terbiasa untuk kedepannya, dan sudah menjadi kebiasaan kita untuk selalu jujur, disiplin, tolong menolong dan lain sebagainya. Dengan memiliki modal tersebut sejak dini maka akan dipercaya oleh teman dan hidupun akn terasa lebih nyaman dan bahagia.


            Nah tidak ada kata terlambat untuk melakukan itu semua. Bisa dimulai dari menanamkan sifat tersebut kepada adik0adik kita yang masih kecil karena anak kecil masih sangat bagus jika di ajari hal-hal yang baik , maka mereka akan mengikuti hal-hal yang baik yang kita ajarkan juga. Tetapi bisa saja anak kecil tersebut terjerumus oleh lingkungan yang tidak baik dalam berucap maupun bertindak, maka anak kecil tersebut akan mendapatkan didikan yang tidak baik juga untuk kedepannya.

            Daripada itu lebih baik ajarilah atau didiklah anak-anak kecil dengan bahasa yang baik-baik, kelakuan atau tindakan yang baik juga karena anak kecil sering sekali meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa yang berada di sekeliling lingkungannya. Jika lingkungannya baik maka anak tersebut akan mendapatkan dampak yang baik juga kedepannya, begitu sebaliknya jika lingkungannya buruk maka akan membawa hal yang buruk juga untuk perkembangan si anak. Kita sebaik orang dewasa hendaklah mengajari atau mendidik dengan hal-hal yang baik , agar tumbuh kembang si anak akan menjadi baik juga sehingga bisa meningkatkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas lagi. Maka dari memang harus ada niatan untuk melakukan itu semua, niat tersebut harus benar-benar ditanamkan dalam hati dan harus terlaksana, jika terlaksana dengan baik toh kelak kita juga yang akan mendapatkan keuntungan tersebut.

            Seperti misalnya dapat dipercaya oleh teman atau atasan kerja, hidup menjadi teratur karena disiplin yang kita tanamkan dan lain-lain. Itu semua memang menjadi modal kita untuk menuju kesuksesan. Jika tidak merubah dari sekarang mau kapan lagi pola pikir kita terus seperti ini. Sama saja akan merugikan diri sendiri dan tidak akan mudah untuk dipercaya oleh orang-orang sekitar. Jangan hanya teori saja lebih baik laksanakanlah teori tersebut agar hidup menjadi lebih bermakna lagi dan dapat bahgia dunia dan akhirat.
Tidak bosan-bosan untuk mengingatkan agar kalian semua untuk menanamkan kejujuran dalam diri masing-masing. Karena dengan demikian akan menguntungkan untuk diri kita juga.dan lebih baik terlambat untuk bersikap jujur daripada tidak sama sekali.     

                Kejujuran itu sendiri dalam hal apapun dikehidupan sangat diperlukan dan bisa jadi menjadi kebutuhan dalam hati dan diri kita. Tetapi janganlah kejujuran tersebut anda salah gunakan kedalam hal-hal yang terlarang, karena itu sama saja kalian tidak bersikap jujur, gunakanlah kejujuran dalam hal yang sewajarnya saja jangan banyak tingkah dalam melakukan dan menerapkan sifat kejujuran tersebut. Sekali lagi tidak bosan untuk kalian semua agar menjadi manusia yang lebih baik hendaklah lakukan dan terapkanlah hal-hal yang baik juga.

Komentar