Kondisi Pendidikan Di Indonesia

            Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap orang baik dari kalangan manapun, baik tua maupun muda. Kita mengenal pendidikan sejak kecil yaitu seperti waktu kecil kita sudah mendapatkan pendidikan dari orang tua kita. Semakin tumbuh dewasa kitapun semakin banyak mendapatkan pendidikan dari lingkungan sekitar. Tetapi lihatlah dizaman yang modern dan berkembang saat ini , masih banyak anak bangsa yang tidak bersekolah. Hal seperti itu sangat memprihatinkan sekali bukan . padahal kenyataannya itu pendidikan hukumnya adalah wajib untuk setiap orang dan itu sudah sangat jelas tertulis di pasal 31 ayat 1 dan 2 UUD 1945. Dalam makna yang terkandung dalam pasal tersebut memang sudah jelas bahwa seharusnya setiap warga Negara wajib mengikuti pendidikan yang layak dan semua biaya pendidikan tersebut ditanggung atau dibiayai oleh pemerintah. Baik dari kalangan manapun warga Negara di Indonesia ini wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Apalagi pendidikan dasar itu sangat penting dan wajib untuk anak anak bangsa yang masih kecil. Tapi kenyataannya di Indonesia ini banyak sekali anak bangsa yang masih tidak bersekolah karena tidak adanya biaya untuk sekolah tersebut.
        Padahal sudah sangat jelas dalam UUD dasar bahwa biaya yang diperlukan dalam pendidikan wajib ditanggung pemerintah. Tapi ternyata itu semua hanyalah teori semata. Banyak sekali anak-anak bangsa yang di daerah-daerah yang tidak bersekolah , mereka kebanyakan lebih mementingkan untuk bekerja karena untuk membantu perekonomian keluarganya. Tetapi ada juga yang dapat bersekolah dengan gratis tetapi masih saja tidak mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Seperti pada gambar ini.


Melihat gambar di atas seperti itu sangat memprihatinkan sekali, bahwa fasilitas tidak memadai dan tempatnya pun sangat tidak layak , bagaimana anak bangsa bisa konsentrasi dalam menerima pelajaran disekolah !! mereka semua akan terganggu oleh semua keadaan dan kondisi seperti itu. Disini jelas bahwa peraturan yang ada hanyalah peraturan semata. Coba saja jika di daerah-daerah ditelusuri mengenai sekolah-sekolah sudah pasti banyak yang memprihatinkan. Disini peran pemerintah sangatlah tidak bertanggung jawab dan tidak sesuai dengan isi pasal yang tertera di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Jika pendidikan dasar saja sudah bermasalah untuk anak-anak bangsa bagaimana Negara kita bisa mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas yang nantinya untuk kemajuan negara itu sendiri.
        Dalam masalah ini hendaknya pemerintah harus lebih tegas kepada anak-anak bangsa bahwa mereka semua wajib mengikuti dan mendapatkan pendidikan yang layak serta semua biaya pendidikan tersebut ditanggung oleh pemerintah. Jika hal tersebut diterapkan sejak berlakunya pasal tersebut sudah pasti tidak ada anak bangsa yang tidak  bersekolah. Dalam masalah ini yang menjadi penghambat anak-anak tersebut tidak bersekolah adalah perekonomian keluarga terkadang keluarga tersebut menyuruh anak-anak mereka untuk mencari nafkah padahal hal tersebut sangat tidak layak sekali, tetapi kebanyakan seperti yang terjadi di Indonesia ini. Banyak anak bangsa yang menjadi pengamen, gelandangan, pengemis ,tukang semir sepatu , tukang Koran, dan masih banyak lagi. Semua itu mereka lakukan hanya untuk membantu orang tua mereka dan perekonomian keluarga. Solusi untuk mengatasi kasus dan masalah yang terjadi kepada anak bangsa dalam kasus pendidikan ialah dengan cara peran pemerintah itu sendiri haruslah tegas dan diterapkan dalam prakteknya, karena sama saja bohong jika hanya peraturan tertulis saja tetapi nol dalam prakteknya. Yang kedua ialah kunjugilah langsung ke daerah-daerah pelosok atau daerah-daerah yang masih keterbelakang, lihat apakah anak-anak didaerah tersebut sudah mendapatkan pendidikan dengan layak atau tidak. Jika sudah mendapatkan pendidikan hendaklah pemerintah memperbaiki infrastruktur seperti bangunan, fasilitas dan mungkin dalam seragam sekolah juga termasuk. Jika belum mendapatkan pendidikan maka peran pemerintah yaitu lakukanlah penyuluhan agar warga disekitar daerah tersebut mengerti bahwa pendidikan anak-anak lebih penting untuk tumbuh dan kembangnya si anak tersebut. 
        Yang ketiga yaitu dana yang digunakan untuk membiaya pendidikan ank bangsa janganlah disalah gunakan oleh para pemerintah, karena itu sangat berarti sekali untuk anak bangsa tersebut. Terlalu sekali jika dana tersebut disalah gunakan, apakah tidak berfikir dan tega sekali melakukan hal keji seperti itu. Mulailah dari sekarang walaupun terlambat untuk membenahi pendidikan di Negara ini, guna untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkuliatas tinggi dan dapat memajukan Negara .ubahlah pola piker dari sekarang jangan hanya mementingkan kepentingan pribadi semata saja tapi lihatlah disekeliling bahwa masih banyak yang membutuhkan dana dan peran pemerintah dalam hal pendidikan yang layak ini. Kesimpulannya bahwa disini yang diperlukan adalah peran pemerintah untuk lebih memperhatikan pendidikan yang layak untuk anak bangsa sebagai calon penerus bangsa kelak. Jika peran pemerintah sudah berjalan dengan baik dan sesuai peraturan yang berlaku sudah pasti anak bangsa akan dapat bersaing dengan anak bangsa yang lainnya. Dengan demikian secara tidak langsung kita memberi semangat keoada anak bangsa untuk lebih kreatif, inovasi, lebih genius dan lain lainnya. Disamping peran pemerintah disinilah peran orang tua juga diperlukan dilingkungan keluarga yaitu dengan cara membantu anak tersebut jika mendapatkan kesulitan dalam belajar dan disini orang tua haruslah pintar-pintar untuk terus menyemangati anak-anak tersebut dalam menuntut ilmu yang lebih baik lagi untuk kedepannya.
           Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya peran dari pemerintah dan lingkungan sekitar. Tetapi disini janji pemerintahlah yang harus ditepati karena sangat dibutuhkan oleh para anak bangsa untuk mendapatkan pendidikan dan khususnya yang belum sama sekali mendapatkan pendidikan, bagi yang sudah mendapatkan pendidikan tersebut haruslah diadakan perbaikan dalam infrastruktur maupun suprastrukturnya. Agar anak bangsa dapat menuntut ilmu dengan semaksimal mungkin dan mendapatkan hasil yang nantinya baik juga untuk dirinya, bangsa dan negaranya.


Komentar