Hubungan Antara Hukum, Ekonomi, Dan Kesejahteraan Masyarakat


            Jika membahas mengenai hubungan antara hukum , ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, mungkin kalian sudah jelas dengan kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari bukan.tetapi agar lebih jelas dan paham lagi mengenai hubungan hukum, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terlebih dahulu akan saya jelaskan dan saya jabarkan satu persatu. Yang pertama yaitu hukum. Hukum sudah tidak asing lagi ditelinga kita, kalian pasti sudah mengetahui apa itu hukum. Yaa benar, hukum adalah 1. peraturan atau adat yg secara resmi dianggap mengikat, yg dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah; 2 undang-undang, peraturan, dsb untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat; 3 patokan (kaidah, ketentuan) mengenai peristiwa (alam dsb) yg tertentu; 4 keputusan (pertimbangan) yg ditetapkan oleh hakim (dl pengadilan); vonis, banyak sekali bukan arti atau makna dari hukum itu sendiri. Hukum haruslah dipatuhi jangan sampai dilanggar.

            Selanjutnya adalah arti ekonomi, ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasaYunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Ekonomi yaitu bisa juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana prilaku dan tindakan manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya.

            Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwakebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Beberapa faktor yang memengaruhi sehingga jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain:
·         Faktor ekonomi
·         Faktor lingkungan sosial budaya
·         Faktor fisik
·         Faktor pendidikan
·         Faktor moral
 DEFINISI MASYARAKAT SEJAHTERA
Istilah masyarakat berasal dari kata musyarak yang berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti ikut serta atau berpartisipasi, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Society. Sehingga bisa dikatakan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi dalam suatu hubungan sosial. Mereka mempunyai kesamaan budaya, wilayah, dan identitas.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi tentang masyarakat menurut beberapa ahli :
# PETER L. BERGER
Definisi masyarakat adalah suatu keseluruhan kompleks hubungan manusia yang luas sifatnya. Keseluruhan yang kompleks sendiri berarti bahwa keseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang membentuk suatu kesatuan.
# MARX
Masyarakat ialah keseluruhan hubungan – hubungan ekonomis, baik produksi maupun konsumsi, yang berasal dari kekuatan-kekuatan produksi ekonomis, yakni teknik dan karya
Definisi ‘sejahtera adalah aman sentosa dan makmur, selamat dan (terlepas dari segala macam gangguan), kesejahteraan dalam istilah umum,sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai.

            Masyarakat Sejahtera  adalah suatu tata kehidupan dan penghidupan masyarakat baik materil maupun spiritual yang diliputi oleh rasa takut, keselamatan kesusilaan dan ketentraman lahir dan batin yang memungkinkan bagi setiap masyarakat untuk mengadakan usaha penemuan kebutuhan-kebutuhan jasmani dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi serta kewajiban manusia. Jika kita membahas mengenai hubungan ketiganya maka yang pertama muncul ialah mengenai ekonomi dan masyarakat sejahtera. Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah keadaan dimana ekonomi dalam suatu negara menjalankan suatu proses untuk mencapai peningkatan pendapatan negara tersebut. Namun seiring dengan pertumbuhan ekonomi saat ini ternyata masih ada kasus kemiskinan yang terjadi contohnya di indonesia kemiskinan masih terus bertambah.

            Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi berhubungan dengan tingkat pertumbuhn masyarakat. Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses berkembangnya perekonomian suatu negara maka dari itu pertumbuan ini sangat penting karena merupaka suatu proses untuk menjadikan suatu negara lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pada pembahasan kali ini sayaakan membahas tentang hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan tingkat kesejahteraan masyarakat.

            Hubungan antara Pertumbuhan Ekonomi dengan Kesejahteraan Masyarakat adalah apabila pertumbuhan ekonomi baik maka tingkat pendapatan masyarakat juga akan meningkat, selain itu dari peningkatan pendapatan yang terjadi masyarakat akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik agi, hal ini menunjukan bahwa kesejahteraan dalam bentuk pendapatan masyarakat mulai meningkat, apabila pendapatan masyarakat meningkat dan pengangguran berkurang otomatis tindak kriminal akan berkurang dan semakin membaik, aksi deminstrasi akiibat ke tidak puasan akan kebijakan yang ada pun akan menurun apabila mereka menikmati hasil yang mereka kerjakan bisa sebanding dengan penghasilan yang mereka terima.


            Lalu selanjutnya hubungan antara hukum dan kesejahteraan masyarakat, hukum merupakan peraturan yang harus ditaati dan bersifat memaksa. Jika misalnya di antara kalian melakukan tindak kejahatan yang melanggar hukum , maka yang akan diperoleh adalah keamanan masyarakat yang terganggu oleh tindak kejahatan tersebut. Kesejahteraan masyarakat pun terganggu juga. Contohnya ialah jika salah seorang pejabat yang melakukan tindak korupsi apakah dia sadar bahwa dia telah mengganggu kesejahteraan masyarakat, jika yang seharusnya uang korupsi tersebut digunakan untuk pembangunan atau kepentingan masyarakat yang dapat membantu kehidupan masyarakat tetapi ini malah digunakan untuk kepentingan pribadi. Maka kesejahteraan masyarakatpun menurun. Dengan demikian hubungan antara hukum, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tersebut saling berkaitan, karena jika hukum berjalan dengan baik, dan perekonomian dapat meningkat dengan baik juga maka saya yakin kesejahteraan masyarakatpun akan jauh lebih baik dari sebelumnya, begitu juga sebaliknya jika hukum saja sudah tidak dipatuhi dan perekonomian semakin tahun semakin buruk, banyak tindak kejahatan kerah putih maka saya yakin kesejahteraan masyarakat menjadi menurun. Disini peran pemerintahlah yang paling dibutuhkan dalam mengambil keputusan dan tindakan yang lebih untuk mementingan kesejahteraan masyarakat.









Referensi :

Komentar