Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia

            Pengaruh globalisasi, jika membicarakan mengenai globalisasi sudah pasti cakupannya luas dan umum, saya yakin kalian juga sudah mengetahui jika membicarakan mengenai globalisasi. Untuk lebih jelas lagi disini saya akan menjelaskan mengenai arti globalisasi terlebih dahulu, globalisasi merupakan proses dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarnegara dan antarmanusia menjadi semakin tidak berbatas. Adapun arti globalisasi menurut Selo Soemardjan yaitu globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah - kaidah yang sama. Globalisasi terjadi pada bidang informasi, ekonomi, serta budaya. Sudah sejak lama pemerintah Indonesia menggembar - gemborkan tentang globalisasi itu sendiri.

            Dengan harapan masyarakat dan pelaku industri siap menghadapi segala dampak dari globalisasi terutama pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia. Pasar bebas merupakan salah satu bentuk nyata dari globalisasi ekonomi. Pengaruh dari globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia diantaranya adalah tumbuhnya kreativitas para pelaku ekonomi Indonesia serta semakin mendunia produk - produk buatan Indonesia.

            Dengan adanya globalisasi, para pelaku ekonomi, memang dituntut untuk semakin kreatif menciptakan produk - produk yang tidak hanya mampu bersaing dengan sesama produk buatan dalam negeri, namun juga harus mampu bersaing dengan produk - produk dari negara lain. Ide yang kreatif sangat diperlukan dalam menciptakan produk-produk agar dapat laku dipasaran dunia dan minimal dapat menyeimbangi produk-produk dari Negara lain. Tetapi untuk tetap dapat mengikuti pengaruh globalisasi dalam perekonomian, produk Indonesia haruslah terus berkembang dan tingkatkan lagi ide – ide kreatifitas sumber daya manusianya agar dapat menciptakan produk-produk yang berbeda tetapi laku dipasaran dunia.

            Sudah jelas bahwa sumber daya alam di Indonesia ini sangat melimpah, maka dari itu manfaatkanlah sumber daya alam tersebut sebaik mungkin, jangan sampai disalah gunakan sumber daya alam tersebut. Jika Indonesia tidak mempunya ide-ide yang kreatif untuk produk yang dijual maka saya yakin produk tersebut mati dipasaran dengan kata lain produk tersebut tidak bisa bersaing dengan Negara-negara lain dalam pasar dunia. Pasar bebas yang terjadi sekarang ini memang sangat menguntungkan pihak Negara lain yang produknya masuk ke Negara Indonesia ini. Memang sejak berlakunya China Asia Free Trade Assosiation barang - barang dari China mulai membanjiri pasar Indonesia.

            Tidak hanya bentuk serta tampilan produk yang menarik dari produk China tersebut, namun juga harga yang ditawarkan sangat murah bila dibandingkan dengan produk - produk buatan Indonesia. Sangat memprihatinkan sekali bukan bahwa banyak warga Negara Indonesia yang terkadang lebih sering membeli produk buatan Negara lain. Sebenarnya banyak pihak yang sungguh menyayangkan mengapa Indonesia ikut menandatangani free trade association padahal sebenarnya Indonesia ini masih belum siap dalam perjanjian atau organisasi tersebut. Tidak hanya karena dunia industri Indonesia dianggap belum siap menghadapi pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia, namun juga karena kondisi internal ekonomi Indonesia yang masih belum stabil.

            Namun dengan alasan bahwa Indonesia akan menjadi negara yang jauh tertinggal dalam bidang ekonomi bila tidak turut serta dalam perjanjian free trade association tersebut, maka siap atau tidak, akhirnya Indonesia harus terlibat dalam pasar bebas Asia. Yang kenyataannya lebih menguntungkan pihak Negara lain dibandingkan dengan pihak sendiri. Padahal Indonesia sebenarnya dapat atau mampu jika ingin seperti itu, karena semua bahan produk hampir tersedia di Negara Indonesia ini. Cuma bagaimana kita mengolah bahan-bahan tersebut sebaik mungkin, tetapi kenapa masih banyak produk Indonesia yang lebih memilih bahan baku produk tersebut dari Negara lain seperti Cina, Korea dan lain-lainnya.

            Mungkin bagi beberapa pelaku industri, terutama yang selama ini mengandalkan bahan baku import dari China, malah menjadi pihak yang diuntungkan atas masuknya Indonesia ke dalam pasar bebas Asia. Mereka bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang jauh lebih murah karena dilakukannya perjanjian penghapusan tarif import sehingga bisa menekan banyak biaya yang harus mereka keluarkan. Dengan mendapatkan bahan baku yang murah, maka secara otomatis kegiatan industri bisa semakin berkembang. Dan memang jika seperti sudah sangat menguntungkan bagi produsen tersebut dalam pembutan produknya. Itu merupakan salah satu contoh positif dari pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia. Adapun contoh positif lainnya yaitu kita dapat menjalin kerjasama yang baik dan tidak adanya permusuhan dalam Negara-negara tersebut yang mengikuti perjanjian itu. Tetapi kalian tahu sendiri bahwa banyak sekali warga Indonesia yang jarang menggunakan produk dalam negeri, tetapi banyak yang memilih produk dari luar negeri. Apa mungkin karena gengsi atau karena kualitasnya kurang produk dalam negeri ini.

            Seharusnya kita sebagai warga Negara hendaknya cintailah produk dalam negeri dan harus terus meningkatakan produk-produk dalam negeri supaya dapat berkembang dan maju dalam pasaran dunia maupun pasar dalam negeri. Dan sebaiknya bahan baku untuk pembuatan produk hendaknya jangan dijual terlalu mahal didalam negeri, agar produsen tidak membeli bahan baku dari luar negeri, juallah sesuai atau sewajarnya saja. Dan sebaiknya pemerintah seharusnya memikirkan dahulu jika ingin menandatangani sebuah perjanjian, harus memikirkan dampak yang akan di peroleh nantinya untuk kedepan. Apakah menguntungkan atau malah sebalaliknya yaitu merugikan.

            Dan bagi warga Negara Indonesia hendaknya cintai produk dalam negeri agar produk bisa terus berkembang dengan baik, dan dapat mengikuti pengaruh globalisasi didunia khususnya dalam bidang perekonomian. Agar perekonomian di Negara Indonesia ini tidak tertinggal dan dapat terus laku dipasaran serta dapat meningkatkan perekonomian khusunya di Negara Indonesia tercinta ini. Dengan demikian bahwa perekonomian dapat maju dan berkembang yaitu dengan dukungan semua aspek dan warga Negara yang ada dan tinggal di Indonesia ini. Mulailah dari sekarang rubah pola prilaku untuk lebih memilih produk dari luar negeri. 

Komentar