Kecelakaan

            Kecelakaan sering kali terjadi di jalan raya yang biasa kita lalui, terutama di jalan – jalan besar dan daerah kota yang padat. Dan khususnya lagi di kota Jakarta ini. Banyak sekali atau rawan sekali kecelakaan terjadi di jalan, tentunya banyak penyebabnya yang mengakibatkan kecelakaan itu terjadi. Yaa pasti kalian sudah mengetahui penyebabnya. Banyak sekali hal – hal yang dapat menyebabkan kecelakaan.

            Dan sering sekali saya mendengar berita mengenai kecelakaan yang terjadi dan bahkan mengakibatkan korbannya sampai meninggal dunia. Sangat miris juga tingkat kecelakaan yang terjadi di kota Jakarta ini semakin hari semakin bertambah. Entah disini siapa yang salah, apa pengguna kendaraan yang kurang hati – hati atau mungkin sebaliknya. Belum lama kita dengar berita mengenai kecelakaan yang sering terjadi di akibatkan oleh artis seperti yang baru – baru ini yaitu Ari Wibowo, yang menyebabkan korbannya meninggal dunia.

            Tetapi saya melihat dalam kasus tersebut pihak Ari Wibowo sebenarnya tidak bersalah karena dilihat dari cctv nya bahwa seorang kakek – kakek tersebut menyebrang jalan hanya melihat kesatu arah saja sehingga dia tidak melihat bahwa di belakangnya ada motor yang melaju dengan cepat, disamping itu Ari Wibowo juga berusaha membunyikan klakson untuk peringatan tetapi karena factor usia mungkin seorang kakek tersebut tidak mendengarnya.

            Dan disini pihak Ari bertanggung jawab penuh atas musibah yang terjadi. Dari contoh tersebut jelas bahwa pihak pengguna kendaraan sudah sesuai aturan tetapi ada saja kesalahan yang terjadi dari pihak pengguna jalan. Di kota Jakarta ini yang padat sekali dengan kendaraan, sehingga sering sekali juga menyebabkan kecelakaan. Hal – hal yang menyebabkan kecelakaan terjadi yaitu : Pengemudi yang ugal – ugalan ,biasanya hal ini sering dilakukan oleh para supir angkutan seperti supir kopaja, bus – bus dan angkutan umum lainnya. Saya melihat angkutan di Jakarta ini menggunakan jalan seenaknya saja. Terkadang berhenti mendadak semaunya saja, tidak memikirkan pengendara lain yang khususnya berada dibelakangnya.

            Bayangkan kalau angkutan tersebut berhenti mendadak sedangkan pengendara motor atau mobil yang berada dibelakangnya sedang melaju dengan cepat. Sudah pasti terjadi kecelakaan dengan hal seperti itu. Belum lagi ketika mengendarai angkutannya sesering kali suka mengemudi dengan ugal – ugalan tidak sesuai aturan yang berlaku. Maka dari itu sebaiknya jangan terlalu berdekatan dengan angkutan umum ketika mengendarai kendaraan kalian khususnya sepeda motor. Agar tidak kaget dan terjadi tabrakan ketika angkutan berhenti mendadak untuk menghampiri penumpang.

            Pengemudi tertidur saat mengendarai kendaraannya, kebanyakan dari pengemudi tidak memikirkan dampak ayng terjadi jika mengendarai kendaraan mereka ketika sudah mengantuk apalagi sampai tertidur. Orang yang tidur pasti sudah tidak sadarkan diri, sedangkan bagi orang yang sedang mengemudi kendaraannya seharusnya fokus di jalan agar tidak terjadi tabrakan. Tetapi kebanyakan orang pekerja atau anka muda yang suka pulang larut malem memaksakan dirinya untuk mengemudi kendaraannya sendiri padahal sudah tahu keadaan / kondisi badannya tidak memungkinkan untuk membawa kendaraannya.

            Alhasil akibatnya menabrak atau sebaliknya ditabrak. Seperti contohnya adalah kasus anak pejabat Negara yaitu anaknya Hatarajasa dan kasus Afriani yang tidak sadarkan diri ketika mengemudio kendaraannya. Dan biasanya di karenakan setelah mabok – mabokkan juga pada memaksakan diri membawa kendaraannya. Hal tersebut sangat merugikan orang lain. Seharusnya para pengemudi janganlah memaksakan untuk membawa kendaraannya jika memang sudah dilanda ngantuk, sebaiknya gunakan supir untuk membawa kendaraan kalian.

            Tidak mematuhi aturan – aturan yang ada di jalan, peraturan merupakan hal utama ketika kita ingin berkendara baik motor maupun mobil. Ketika kita ingin berkendara yang utama ialah periksa kendaraan kalian sebaik mungkin agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Yang kedua yaitu pakailah perlengkapan berkendara dengan lengkap dan jangan lupa bawa surat – surat / lengkapilah surat – surat berkendara kalian agar ketika terjadi razia dijalan anda merasa aman. Yang ketiga yaitu patuhilah aturan – aturan yang berlaku dijalan. Jangan lah melanggar rambu – rambu lalu lintas, karena nantinya akan bisa mencelakakan anda sendiri.


Dengan demikian seandainya para pengemudi lebih memrhatikan hal – hal di atas maka akan mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi di khusunya kota Jakarta ini. Dan tingkat kematian juga akan berkurang. Sekali lagi peringatan kepada pengemudi agar memerhatikan hal – hal seperti di atas yang sudah saya jelaskan.    

Komentar