Kenaikan HARGA BBM


            Masalah kenaikan bbm (bahan bakar minyak) ini sangat sering membuat warga Indonesia melakukan demonstrasi, hal demo seperti itu dilakukan untuk menolak kenaikan bahan bakar minyak (bbm) tersebut. Gimana tidak, hal demo tersebut dilakukan oleh warga Indonesia karena kenaikan bbm tersebut sering sekali bahkan hal yang biasa akan berdampak pada kenaikan harga bahan baku makanan lainnya. Warga yang demo tersebut biasa dilakukan dari kalangan mahasiswa, buruh atau warga yang lainnya. Coba dilihat dahulu dari pihak pemerintah jika ingin menaikkan harga bbm, apa dampak yang akan terjadi dan apakah memang langkah untuk menaikkan bb mini benar-benar harus dilakukan.

            Disini pemerintah seharusnya mempunyai alasan yang kuat mengenai kenaikan bbm yang akan dilakukan. Jika pihak pemerintah tidak mempunyai alasan yang kuat sudah pasti membuat warga Indonesia kesal, emosi dan bahkan dapat membuat kerusuhan. Karena di Indonesia ini masih banyak sekali warga yang berada dibawah garis kemiskinan, coba saja bayangkan jika harga bbm naik dan mengakibatkan harga sembako, bahan baku makanan juga naik bagaimana mereka semua dapat terus berlangsung hidup kalau tidak bekerja banting tulang. Yaaa sebaiknya harus dilihat dampaknya khususnya bagi warga Indonesia, agar yang semakin miskin tambah miskin lagi, mungkin itu dalam bahasa kasarnya seperti itu. Maka dari itu sering kali kenyataannya warga Indonesia menolak jika harga bbm naik.

            Karena gaji mereka saja belum tentu naik, kalaupun naik sudah pasti kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sebagai contoh waktu meningkatnya harga bawang, satu kilogram bawang saja bisa mencapai tujuh puluh sampai delapan puluh ribuan. Itu merupakan harga yang cukup mencekek sekali, disini bawang merupakan kebutuhan pokok makanan juga. Untuk memasak membuat makanan ibu-ibu sudah pasti membutuhkan bawang, tetapi ada juga yang ketika harga bawang naik maka mereka memasaknya tidak menggunakan bawang untuk sementara waktu sampai harga bawang tersebut normal.

            Sama halnya seperti kenaikan harga cabai.mungkin bagi seseorang yang tidak menyukai makanan pedas yaa tidak berpengaruh jika harga cabai tersebut naik, tetapi bagi yang pecinta makanan pedas sudah pasti akan berpengaruh sekali karena jika makanan tidak pedas maka kurang afdol. Dari beberapa contoh tersebut seharusnya dapat dipikirkan lagi jika adanya kenaikan harga bbm. Jangan hanya memntingkan kepentingan pribadi saja, coba dilihat kembali bahwa warga nya masih banyak yang berada dibawah garis kemiskinan. Dan kenyataannya jika sudah terdengar akan adanya kenaikan bbm maka sudah pasti aka nada demo yang besar yang jumlah pendemo tersebut bisa sampai lima ratus ribuan orang yang tumpah dijalan-jalan dan biasanya mereka melakukan demo tersebut di depan gedung DPR.

            Demo tersebut dilakukan oleh orang-orang yang menolak akan terjadinya kenaikan bbm tersebut, tetapi orang-orang yang demo tersebut terkadang berdampak membuat kerusuhan yang mengakibatkan terjadinya saling serang dengan aparat kepolisian. Karena disatu sisi para pendemo tersebut ingin kemauannya dituruti yaitu tidak jadinya kenaikan harga bbm, tetapi disatu sisi pendemo tersebut tidak wajar melakukan demo dari pagi sampai malam, sehingga membuat aparat kepolisian membubarkan paksa para pendemo tersebut yang berakibat rusuh antara pendemo dengan aparat kepolisian.

            Yang terkadang ada saja yang menjadi biang kerok diantara pendemo tersebut. Dan terkadang juga ada korban darikerusuhan yang terjadi tersebut. Selain hal-hal seperti itu sudah pasti membuat jalan-jalan yang dilalui pendemo menjadi macet, dan sangat mengganggu untuk pihak-pihak yang melakukan aktivitas.

            Yaa mungkin bagi yang berada jauh di atas garis kemiskinan tidak ada masalah jika akan terjadinya kenaikan harga, tetapi sebaiknya diperhatikan RAPBN yang ada. Saya melihat ditelevisi siding paripurna yang berlangsung di gedung DPR itu terlihat seperti main-main sedangkan yang berada di luar gedung DPR tersebut aja sangat berambisi agar tidak terjadinya kenaikan harga bbm tersebut. Samapai-sampai mkenimbulkan bentrok dan kerusuhan antara pendemo dengan aparat kepolisian. Didalam siding paripurna tersebut saya menilai dari celutukan-celetukan yang saya dengar bahwa ada kelompok partai yang jika menolak maka akan dipecat, entah itu bercandaan semata atau itu merupakan himbauan atau kode. Saya menilai kurang serius dalam siding tersebut, dan setelah beberapa lama dilakukan voting maka hasilnya pun keluar yaitu bahwa sekitar 338 orang menerima kan terjadinya kenaikan harga bbm dan sekitar 108 orang menolak akan terjadinya kenaikan harga bbm tersebut.

            Dengan keputusan tersebut, mahasiswa yang berada didalam sidang tersebut langsung emosi dan melakukan perlawanan kepada petugas keamanan yang berada di ruang siding tersebut juga. Gimana tidak marah, disini jelas-jelas mahasiswa menolak keras akan dilakukannya kenaikan bbm, tetapi hasil berkata lain bahwa kenaikan bbm tersebut akan terjadi. Walaupun saya melihat berita tersebut tidak sampai selesai dan tidak melihat ketok palu akan disahkannya harga kenaikan bbm tersebut.

            Sebaiknya sebelum dilakukan rencana seperti ini, hendaknya harus dapat mengatasi akan dampak dan efek yang terjadi nantinya, agar orang-orang yang pro dapat memakluminya, walaupun mungkin banyak yang menolak akan kenaikan bbm itu. Dan saya berharap uang atau dana dari kenaikan subsidi tersebut janganlah sampai disalah gunakan, apalagi untuk kepentingan pribadi semata, karena jika sampai hal tersebut terjadi sama saja mematikan warga karena seharusnya dana itu di gunakan ke jalan yang lurus dan digunakan untuk kepentingan kelompok dan hal-hal yang memang harus sesuai aturan yang ada.

            Jika memang hal tersebut dilakukan dengan benar maka rakyat akan makmur sejahtera kedepannya, karena dana tersebut dapat membantu bagi warga yang kurang dan tidak mampu. Sekali lagi coba dalam melakukan tindakan kenaikan harga bb mini perhatikan dampak yang terjadi khususnya bagi warga Indonesia yang berada dibawah garis kemiskinan. Dan jika memang keputusannya adalah naik harga bbm maka tolong jangan memberatkan rakyat.

Komentar