Makanan Instant


            Mendengar kata instant sudah pasti yang dibayangkan adalah praktis. Yaa di Indonesia ini sekarang makanan bisa didapatkan dengan mudah dan praktis sekali, tetapi apakah makanan tersebut bergizi dan baik dikonsumsi oleh tubuh manusia. Karena di zaman sekarang ini bumbu – bumbu makanan saja dapat disajikan dengan praktis dan cepat. Seperti contohnya lada bubuk, dahulu lada dalam bentuk butiran yang jika kita ingin memasukkan kedalam makanan harus di ulek atau tumbuk terlebih dahulu agar tercampur oleh makanan yang kita buat tetapi sekarang sudah tersedia lada bubuk yang tidak perlu untuk menumbuk atau mengulek jika ingin memakai lada tersebut, yaaa memang ini sangat membantu sekali dalam proses pembuatan makanan disamping lebih efisien waktu juga sudah banyak tersedia diwarung – warung terdekat. Tetapi apa rasanya sama atau tidak saya kurang mengerti. Kenyataannya ada saja ibu – ibu yang masih menggunakan lada dalam bentuk butiran, entah mungkin rasanya agak berbeda dengan lada bubuk yang tersedia sekarang ini.

            Selain itu contoh lainnya adalah bumbu – bumbu untuk membuat sayur asem, ayam goring, nasi goring, tepung bakwan, tepung pisang goring. Bumbu – bumbu seperti untuk membuat sayur asem, gorengan tempe itu biasa disebutnya bumbu racik. Memang sekarang zamannya praktis dan tidak mau ambil pusing dan ribet lagi. Banyak sekali jika ibu – ibu yang males dan mepet waktunya untuk mengulek bumbu – bumbu untuk membuat makanan tersebut. Tetapi apakah bumbu – bumbu racik tersebut aman untuk dikonsumsi?. Begitu sama halnya dengan bumbu nasi goreng, jika kalian membuat sarapan pagi dengan menu nasi goreng tetapi waktu untuk membuatnya sangatlah terbatas karena didesak oleh aktifitas pagi maka kalian dapat menggunakan bumbu nasi goreng instant tersebut yang berasal dari berbagai merk sesuai selera kalian masing-masing.

            Jadi kalian tidak perlu untuk membuat bumbu dan mengulek nya , tinggal campurkan saja bumbu nasi goreng instant dengan nasi lalu tunggu hingga matang. Sangat mudah sekali bukan di zaman yang serba instant ini. Masih banyak contoh lainnya yaitu jika kita ingin membuat cemilan berupa bakwan ataupun pisang goreng maka jangan takut untuk merasa ribet dan repot karena harus membuat bumbunya. Sekarang ini sudah tersedia tepung bakwan yang didalam tepung tersebut sudah terdapat dan tercampur bumbu bakwannya jadi kita tidak usah repot – repot untuk membuat bumbunya, begitu juga halnya dengan tepung pisang goreng biasanya kita harus menyediakan terigu lalu member gula dalam tepungnya atau bumbu lainnya, tetapi didalam tepu ng tersebut juga langsung tercampur bumbu pisang goreng, yaa saya sudah sering mencoba tepung pisang goreng tersebut, memang rasa pisangnya menjadi lebih enak apalagi ditambah pisangnya yang manis. Itu benar – benar pas rasanya.

            Setelah saya sharing tentang bumbu-bumbu dan tepung – tepung yang instant, saya akan sharing mengenai makanan yang instant. Kalau dusah menyebutkan makanan instant mungkin yang muncul dibenak kalian adalah mie instant, yaitu makanan yang harganya standard dan bisa untuk mengganjal perut, dan juga kebanyakan orang Indonesia sering mengkonsumsi makanan mie instant tersebut. Yaa sudah pasti kalau tidak ada makanan dirumah pasti kalian akan membuat mie untuk menhilangkan rasa lapar, karena selain lebih praktis dan mudah pembuatannya.

            Tetapi yang harus kalian inget adalah jika membuat mie instant yang mie rebus sebaiknya gunakanlah air hangat yang baru untuk kuah mie tersebut karena jika menggunakan kuah dari rebusan mie yang tadi dimasak maka itu kan mengandung bahan pengawet yang jika kita terlalu sering mengkonsumsinya maka akan membahayakan untuk tubuh kita.

            Dan sebaiknya janganlah keseringan mengkonsumsi mie instant karena dapat membahayakan kondisi tubuh kalian. Sebaiknya juga jika mengkonsumsi mie instant haruslah diselingi dengan nasi. Agar merasa kenyang dan baik untuk kesehatan. Tetapi ada yang tidak suka makan mie tersebut dengan nasi. Yaaa sebaiknya janganlah sering – sering memakan mie instant tersebut. Contoh makanan lainnya yaitu dapat berupa sarden yang dikemas dalam bentuk kalengan. Kalian pasti sudah mengetahuinya. Membuat makanan sarden hanyalah tinggal menyeburkannya di penggorengan saja dan menunggu hingga mendidih tetapi kalian dapat menambahkan bumbu seperti cabai, tomat dan bawang putih sesuai selera. Mungkin masih banyak contoh lain yang kalian ketahui, yang tidak bisa saya sebutkan disini.

            Disatu sisi makanan dan bumbu – bumbu yang serba praktis dan instant sangatlah membantu khusunya ibu –ibu rumah tangga dalam memasak sehari – hari. Karena waktu yang efisien dan mudah didapatkan. Tetapi disatu sisi juga berpengaruh tidak bagus, karena dengan makanan dan bumbu- bumbu yang serba praktis membuat orang menjadi malas untuk berkreasi dalam memasak, dan kenyataannya lebih seri ng memakan makanan jungfood.

            Yang setahu saya makanan tersebut itu dapat membuat gemuk dan tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsinya. Tetapi kebanyakan anak muda jaman sekarang lebih menyukai  makanan yang seperti itu misalnya KFC, MCD, Burger, Spagheti, hoka – hoka bento dan masih banyak lainnya. Mereka hanya memikirkan rasanya saja tetapi tidak memikirkan dampak yang terjadi jika sering mengkonsumsi makanan – makanan jungfood seperti itu.

            Satu hal yang perlu diperhatikan jika kalian akan mengkonsumsi makanan yang serba instant, yaitu perhatikanlah tanggal kadaluarsa nya karena itu sangat penting. Jangan kalian membeli langsung tanpa melihat tanggal kadaluarsanya. Mungkin sekian yang dapat saya sharing ke kalian semua. Terimakasihhh ….        

Komentar