Pandai – Pandailah Bersyukur


            Kata bersyukur ini sudah pasti sering anda dengar atau bahkan sering anda ucapkan dalam kehidupan sehari – hari. Jika sering di ucapkan dalam kehidupan sehari – hari itu merupakan hal yang baik karena kita sebagai manusia haruslah sering – sering bersyukur dengan apa yang kita dapat dan peroleh sekarang.

            Mengucap kata syukur itu tidak susah tetapi mudah, yaitu dengan cara mengucap hamdalah “Alhamdulilahhirabbalalamin” atau dengan sujud syukur biasanya. Kita sebagai manusia yang selalu merasa kurang dari apa yang kita dapat hendaknya sering lah mengucapkan hamdalah, karena dengan seperti itu kita menghargai kerjakeras kita dan juga itu merupakan ajaran islam yang sangat baik jika dilakukan. Mengapa tidak ? hal tersebut sangat mudah jika kita sering melakukannya, tidak mengganggu aktivitas kita juga. Allah selau memberikan kemudahan bagi umatnya.

            Maka dari itu selagi ada yang mudah dan tidak menyulitkan kenapa tidak dijalankan. Tetapi banyak sekali rakyat Indonesia yang masih banyak yang tidak pandai – pandai mengucap syukur. Karena itu dirinya masih saja merasa kurang dari apa yang mereka dapat saat ini. Sebagai contoh jika seseorang yang kerja dan berpenghasilan yang lumayan besar sudah tentu kebutuhan yang timbul akan banyak. Jika kebutuhan yang satu dapat terpenuhi sudah pasti akan muncul kebutuhan yang lain yang timbul. Maka dari itu mereka – mereka yang seperti itu akan merasa selalu kurang dari apa yang didapatnya.


            Sebaliknya jika mereka semua bersyukur maka mereka akan lebih berfikir untuk menggunakan penghasilannya ke jalan yang lebih baik lagi seperti digunakan untuk sedekah, amal, membantu sesame yang sedang mengalami kesulitan dan lain – lain. Seperti misalnya ketika kita bangun tidur hendaknya bersyukur mengucapkan hamdalah karena masih dapat bangun dari tidur dan menghirup udara di pagi hari. Misalnya lagi mendapat bonus di pekerjaan sebaiknya infakkan sebagian untuk fakir miskin ataupun anak – anak yatim piatu. Dengan seperti itu selain rezeki pun bertambah barokah maka kitapun tidak terlalu mengoyo untuk memenuhi kebutuhan yang selalu saja muncul dalam kehidupan kita. Misalnya lagi mendapat nilai ulangan standar, walaupun seperti itu kita harus tetap bersyukur mungkin kita kurang di usaha sewaktu belajar. Mulailah dari sekarang untuk selalu menjadi manusia yang bersyukur dengan apa yang didapatnya sekarang karena belum tentu kalian dapat seperti sekarang ini di kemudian hari. Selagi banyak rezeki atau yang lainnya, gunakanlah sebaik mungkin jangan hanya untuk berfoya – foya karena itu akan merugikan diri kita sendiri nantinya. Maka dari itu rubahlah dari sekarang, agar menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepannya. 

Komentar