PEMBANGUNAN

            Pembangunan merupakan suatu upaya, suatu proses, suatu perubahan ataupun suatu perubahan nilai kuliatas menjadi lebih baik lagi dan sempurna. Jika membicarakan mengenai hal pembangunan di Indonesia ini, apakah sudah merata ?? yaa dapat dilihat sendiri kenyataannya bahwa pembangunan di Indonesia belumlah merata, karena masih banyak warga yang keterbelakang, maksudnya bahwa masih banyak warga Indonesia yang masih dilanda kemiskinan, buta huruf, kebersihan yang sangat kurang dan khususnya dalam bidang pembangunan itu sendiri.

            Hakikat pembangunan merupakan suatu proses, disini dalam proses tersebut sudah tentu untuk perubahan menjadi lebih baik lagi bukan, yang sifatnya memperbaiki pembangunan yang sebelumnya agar menjadi lebih sempurna. Untuk mewujudkan suatu pembangunan yang lebih baik lagi dan sempurna sudah pasti memerlukan peran – peran dari warganya khususnya dan peran serta dari pemerintahnya itu sendiri. Karena peran pemerintah ini yang memutuskan suatu kebijakan untuk suatu pembangunan yang ada di Indonesia ini. Tetapi jika melihat kenyataan yang ada di Indonesia, tentu masih kurang sekali pembangunan yang bersifat merata tersebut. Mengapa demikian ? yaa entah dari warganya yang kurang akan kesadaran atau mungkin dari pihak pemerintahannya itu sendiri.

            Seharusnya disini kedua pihak dapat melakukan perannya masing – masing dengan baik agar terciptanya pembangunan yang merata di Indonesia ini. Karena suatu proses dapat berjalan dengan baik dan lancar jika ada kerjasama yang baik dan lancar juga. Memang sudah terlambat jika ingin memperbaiki pembangunan di Indonesia agar lebih merata, tetapi tidak ada kata terlambat karena lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Karena hakikat pembangunan salah satunya adalah upaya untuk perubahan – perubahan dari sebelumnya agar lebih sempurna, sebaiknya upaya pertama mungkin harus memperbaiki masalah – masalah yang timbul dari pembangunan sebelumnya, agar terjadi perubahan yang lebih baik lagi.

            Untuk mewujudkan itu semua perlu peran dari semua pihak. Dan pembangunan tersebut dapat mencapai kata sempurna istilahnya yaitu dengan cara menggunakan perannya masing masing dalam kehidupan dan yang terpenting ialah kesadaran yang adad pada diri masing – masing. Misalnya jika kita sebagai warga Indonesia mempunyai akan kesadaran hukum dan kesadaran keselamatan untuk dirinya sudah tentu kita dijalan dan sedang menunggu lampu merah tidak akan menerobos lampu merah tersebut walaupun dalam situasi darurat seperti sudah telat masuk kerja atau sekolah, karena dia sadar akan bahaya dan peraturan yang ada.

            Jika semua pengendara mempunyai kesadaran seperti itu sudah pasti Negara ini tidak adanya aparat kepolisian yang biasa mengatur lalu lintas dijalan – jalan. Contoh selanjutnya misalnya kesadaran bahwa pendidikan itu penting bagi setiap orang. Jika saja dari dulu di gerakkan seperti ini maka setiap warga akan mendapatkan pendidikan dan dapat menghasilkan anak – anak bangsa yang berprestasi dalam bidangnya. Begitu juga dengan menjalankan peran masing – masing misalnya mahasiswa perannya belajar, maka lakukanlah peran tersebut dengan tekun dan serius jangan main – main. Begitu juga dosen , guru dan pengajar lainnya. Kerjakanlah peran masing – masing dengan serius.


            Dengan begitu pemerintah pun tidak usah pusing – pusing jika warganya seperti itu semua. Dan sebaiknya dari pihak pemerintah laksanakanlah tugas dengan sebaik mungkin agar pembangunan di Indonesia ini bisa merata dan sempurna ke seluruh daerah ataupun pulau di Indonesia ini.   

Komentar