Trik Jitu Menahan Lapar Ketika Berpuasa

            Puasa merupakan kewajiban bagi umat islam di Indonesia. Puasa adalah kewajiban bagi umat islam yang sudah baliq dengan cara menahan makan, minum dan hawa nafsu dari sehabis sahur hingga magrib. Bagi umat islam yang belum baliq atau dewasa tidak diwajibkan untuk berpuasa, kalau pun boleh atau sunah mungkin sesuai kemampuan yaitu dapat melaksanakan puasa setengah hari yang dapat berbuka puasa sampai azan zuhur saja. Tetapi sebaliknya bagi yang sudah baliq atau dewasa wajib untuk menjalankan ibadah puasa terkecuali bagi mereka yang sedang berhalangan, haid serta sakit. Karena jika tidak dijalankan akan mendapatkan dosa. Dan harus membayar puasa tersebut setelah lebaran dan terserah sebisanya, bisa dibilang membayar hutang ketika mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa.

            Didalam puasa itu sendiri yang paling terpenting adalah menahan hawa nafsu untuk tidak melakukan hal – hal yang dapat membatalkan puasa itu sendiri. Tetapi terkadang masih ada saja yang batal puasa ketika bulan ramadhan dikarenakan tidak dapat menahan rasa laparnya. Mungkin karena terbiasa sarapan pagi dan makan secara teratur. Tetapi memang pada awal puasa perut kita mungkin agak kaget jadi sangat terasa sekali ketika menjalankan ibadah puasa. Coba saja jika dalam tiga hari menjalankan ibadah puasa mungkin rasa lapar akan berkurang, walaupun tidak banyak tetapi setidaknya membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa. Karena jika kita sudah merasa lapar pasti badan akan terasa lemas dan males untuk melakukan aktivitas seperti biasanya bukan. Kalau sudah lemas dan males maka pekerjaan akan terbengkalai khususnya para pekerja di kantoran.

            Dan kalau sudah seperti itu akan mendapat sanksi dari atasan. Jadi puasa janganlah dibuat alasan untuk tidak bekerja secara efektif, karena dengan seperti itu akan merugikan kita dan orang lain. Didalam islam juga berpuasa haruslah melakukan kegiatan – kegiatan positif agar mendapatkan pahala, seperti membaca al-qur’an, bersedekah, belajar yaa pokoknya harus melakukan ibadah, jangan hanya tidur saja yang dilakukan sampai menunggu beduk magrib. Yaa memang kebanyakan masalah yang utama dalam berpuasa adalah menahan hawa nafsu dan makan, tetapi ada saja yang memang sudah biasa menahan lapar jadi bagi mereka puasa tidak berpengaruh, hanya harus lebih menahan hawa nafsunya saja. Dalam bahasan kali ini saya akan membantu kalian yang mempunyai masalah tentang susahnya menahan lapar ketika berpuasa.   
            Disini saya akan mencoba sharing ke kalian mengenai beberapa trik atau tips mengenai menahan lapar tersebut ketika berpuasa. Jika kalian benar-benar niat pasti kalian akan merasa lancar untuk menjalankan ibadah puasa. Pastikan bahwa anda benar-benar niat untuk menjalankan ibadah puasa. Karena jika melakukan sesuatu hal dengan niat sudah pasti akan diberi kemudahan dalam menjalankan urusan ataupun kegiatannya. Tetapi kalau tidak adanya niat ada saja halangan yang dihadapinya. Maka dari itu jika melakukan berbagai urusan atau papun lakukanlah dengan niat. Ini ada beberapa tips yang saya jelaskan diatas, diantaranya adalah :

Cara Menahan Lapar Saat Puasa Dengan Aktifitas

Aktifitas dan kegiatan yang padat akan membuat kalian lupa waktu dan dapat membuat kalian lupa untuk makan dan minum. Jadi kalian harus membuat diri kalian sesibuk mungkin agar kalian tidak akan merasakan waktu. Waktu akan berjalan dengan cepat jika kita tidak melihati waktu. Bayangkan saja kalau kalian tidak melakukan aktifitas, dan kalian hanya memandangi waktu sudah pasti waktu tersebut akan berputar secara lama. Dan rugi juga bagi kalian karena di bulan ramadhan ini semua kebaikan akan dicatat maka dari itu daripada hanya memandangi waktu sebaiknya lakukanlah aktifitas dan kegiatan – kegiatan yang mulia agar tidak terasa lapar juga.

Cara Menahan Lapar Saat Puasa Dengan Menu Sahur

Menu sahur adalah cara yang penting untuk kalian ketahui agar kalian kuat dalam melaksanakan ibadah puasa. Biasakanlah untuk makan nasi saat sahur dan makan-makanan yang mengandung sayur-sayuran. Jangan kalian makan makanan yang berjenis goreng-gorengan karena gorengan mengandung minyak yang sangat tinggi. Jika kalian mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak pasti kalian akan merasakan haus dengan cepat. Jadi menurut saya kalian lebih baik mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti sayur-sayuran. Dan terpenting karena kalian orang Indonesia isilah perut kalian ketika sahur dengan nasi yang mengandung karbohidrat yang membantu kita dalam melakukan aktifitas karena mengandung energi didalam nasi tersebut. Janganlah makan makanan seperti roti walaupun sama – sama mengandung karbohidrat tetapi tetap saja perut kita perut Indonesia kalau belum makan nasi maka belum dibilang makan. Karena kenyataannya makan roti itu hanya bertahan sebentar untuk menahan lapar beda sekali dengan nasi. Dan kalau perlu minumlah vitamin agar kondisi badan kita tetap fit selama menjalankan ibadah puasa tersebut.  

Cara Menahan Lapar Saat Puasa Dengan Tidur

Cara ini paling jitu untuk kalian lakukan karena kalian tidak akan merasa capek dan otomatis kalian tidak akan merasa lapar atau haus. Namun cara ini tidak baik untuk kesehatan kalian. Jika seharian waktu hanya digunakan untuk tidur saja ketika berpuasa hal tersebut tidak baik untuk kesehatan dan sebenarnya kurang disetujui dalam islam, yaaa walaupun tidur merupakan ibadah tetapi sebaiknya lakukanlah hal – hal yang lebih bermanfaat dan berguna. Tidur bagi semua orang bahkan bisa dibilang hobi. Yaa karena dengan tidur juga rasa lelah bisa hilang dan rasa lapar juga tidak terasa. Tetapi cara seperti ini lebih baik jangan dilakukan






Komentar