sharing kuliner

Gado – Gado

            Gado – gado merupakan sebuah nama makanan yang tradisional yang mungkin kebanyakan dari kalian sudah tidak asing mendengarnya dan mungkin juga sering kita makan. Gado-gado juga merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa yang terdiri dari beberapa sayuran yang direbus yaitu seperti kacang panjang, toge, timun, labu siam, kol, serta kangkung yang direbus. Semua sayuran yang direbus tersebut dijadikan satu dan dicampur dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang digoreng lalu dihaluskan bersamaan dengan bumbu seperti cabai dan bawang-bawangan yang dibutuhkan agar terasa lebih enak. Lalu dapat juga disertai irisan telur, tahu yang dipotong-potong seperti dadu, dan tempa yang dipotong-potong sesuai dadu juga.

            Mengenai potongan tahu, tempe serta irisan telur mungkin bisa ditampilkan sesuai selera masing-masing.kemudian setelah itu diatasnya ditaburi bawang goreng agar terasa lebih mantab dan enak. Agar lebih kriuk bisa saja tambahkan dengan emping goreng atau krupuk, yaitu bisa krupuk warna warni, krupuk merah ataupun krupuk udang. Selain itu gado-gado dapat juga langsung dimakan begitu saja seperti salad sayuran tetapi disini tidak menggunakan mayones melainkan memakai bumbu kacang yang tidak kalah enaknya bukan. Tetapi bisa juga dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadanag juga disajikan dengan lontong yang biasanya sudah tercampur didalam gado-gado tersebut. Agar lebih jelas dan kalian bisa mencobanya dirumah. Karena ini merupakan menu makanan yang sehat dan mudah untuk membuatnya selain itu bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan dan harganya juga masih terjangkau. Yaa saya akan jelaskan mengenai bahan – bahan sayurannya terlebih dahulu :
Bahan-bahannya :
Sayur-sayuran yang sering digunakan dapat bervariasi sesuai selera kita masing-masing, walaupun sayuran yang biasa digunakan adalah:
·         Sayuran hijau yang diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, labu, kangkung dan toge
·         Sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun
·         Tomat
·         Kentang rebus yang diiris

·         Telur rebus


Dengan perkecualian telur dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walaupun kadang-kadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Tetapi airnya harus benar-benar panas agar kumannya hilang. Ada juga sayuran yang kadang-kadang dimasak dengan uap air panas.
Selanjutnya mengenai pembuatan saus kacang atau bumbu kacang untuk mencampuri agar lebih terasa enak. Salah satu perbedaan gado-gado dari salad sayuran lainnya adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang biasa digunakan adalah:
·         Kacang goreng yang dilumatkan
·         Bawang putih
·         Cabai, merica
·         Air jeruk nipis
·         Garam, gula merah
Terkadang juga ditambah:
·         Santan
·         Kecap
·         Terasi
 Diataskan sudah saya jelaskan makanan tradisional atau makanan khas Jawa yang mungkin sering kalian makan. Tidak sulitkan baik bahan-bahannya maupun dari membuat bumbu kacangnya. Silahkan kalian coba dirumah dengan menggunakan variasi anda masing-masing sesuai selera. Ini mungkin beberapa contoh gambar dari gado-gado:



Komentar