sharing motivasi

Motivasi

            Motivasi merupakan suatu dorongan untuk melakukan sesuatu. Setiap manusia didalam hidupnya haruslah mempunyai suatu motivasi agar stiap kegiatan atau pekerjaan yang dilakukannya akan membuahkan hasil yang baik. Karena motivasi ini mendorong dan bisa membangkitkan semangat seseorang. Didalam motivasi juga harus terdapat prinsip hidup, niat dan mungkin ketekunan pun juga diperlukan. Motivasi juga bisa diartikan sebagai dasar atau proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya yang ingin dicapainya. . Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.
           
            Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi agar mencapai tujuan yang lebih baik. Maka dari itu, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat. Memang banyak sekali yang mengartikan motivasi dengan kata yang berbeda-beda tetapi dalam kehidupan nyata kebanyakan orang mengartikan motivasi tersebut adalah sebagai sebuah semangat, entah itu semangat untuk belajar, mencari nafkah, mendapatkan gelar pendidikan atau bahkan semangat lainnya yang timbul.

            Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya. Jika ketekunan terus dapat berjalan dengan baik maka akan bertahan motivasi yang ada didalam diri kita sendiri. Motivasi biasanya akan muncul jika adanya sesuatu yang mendorong kita menjadi lebih semangat. Misalnya kita memiliki motivasi atau semangat belajar jika keadaan didalam kelas kita pun mendukung untuk persaingan secara sehat. Jangan bersaing prestasi dengan tidak sehat, karena itu tidak baik. Jika kita sadar akan keadaan kelas seperti itu sudah pati akan membangkitkan semangat kita untuk belajar lebih giat lagi agar tidak tertinggal dengan teman sekelas kita lainnya.

            Misalnya lagi dalam dunia kerja atau lingkungan kerja, biasanya didalam lingkungan kerja para manager atau atasan diperusahaan itu harus mempunyai ide agar para karyawannya selalu bersemangat dan termotivasi didalam pekerjaannya. Cara-cara seperti itu misalanya dengan memberikan bonus jika mencapai target atau misalnya insentif ditambahin jika kinerja dalam pekerjaan meningkat menjadi lebih baik lagi.

            Saya yakin dengan cara-cara seperti itu semua para karyawan akan memotivasi untuk menjadi lebih baik dalam pekerjaannya maupun kinerjanya. Mungkin itu semua merupakan sebagian contoh dari motivasi yang timbul dalam diri kita. Mungkin kalian masih tahu banyak contoh-contoh lainnya. Dengan demikian sebaiknya setiap individu hendaklah mempunyai motivasi dan semangat dalam melakukan kegiatan atau usaha apapun agar semua itu dapat membuahkan hasil yang lebih baik lagi.








Komentar